Senin, 12 Maret 2018

Pohon Seribu Guna

Sepertinya istilah pohon seribu guna tepat diberikan kepada pohon yang satu ini yaitu kelapa, karena pohon kelapa semuanya memiliki manfaat. Pohon ini biasanya banyak kita jumpai di pesisir pantai, walaupun di desa-desa juga banyak. Karena memang semuanya membutuhkan apapun yang dihasilkam dari pohon kelapa ini. Pohon kelapa memiliki pohon yang tinggi dan kuat, walaupun ada beberapa pohon kelapa yang pendek namun pada dasarnya pohon kelapa itu tinggi. Pohon kelapa memiliki buah kelapa yang berbentuk bulat sedikit lonjong, ada jenis kelapa hijau atau kelapa biasa yang berwarna kuning kulitnya. Buah kelapa biasanya bergerombol di tengah ujung atas pohon dengan daun-daun yang panjang dalam satu batang.

Kelapa berwarna putih dan biasanya diambil dari sari buahnya yang sudah di parut dan dicampur dengan air kemudian menjadi santan. Sedangkan kulit kelapa yang keras disebut batok kelapa yang biasanya digunakan untuk arang atau bahkan untuk kerajinan tangan. Sedangkan kulit luarnya yang berserabut dalamnya namun keras diluarnya setelah dikeringkan biasanya digunakan untuk alat pembakaran atau untuk media tanam bunga anggrek. Pohonya sendiri digunakan sebagai kayu bakar untuk sebagian orang atau untuk membuat yang biasanya digunakan untuk penyangga genteng rumah. Dan daun yang masih muda atau biasa disebut dengan janur untuk hiasan pernikahan, dan tulang dari daum tersebut biasanya digunakan untuk membuat lidi sapu.

Jadi memang tidak ada salahnya jika menyebut pohon kelapa ini sebagai pohon seribu guna, karena semuanya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Maka dari itu tunas kelapa menjadi satu lambang pada pramuka, karena pohon kelapa semuanya berguna, sesuai yang diinginkan oleh pramuka berguna bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar