Selasa, 17 November 2015

Sang Penemu Coklat dan Sejarahnya

Jika kita mendengar kata coklat, pasti akan terbayang – bayang manis dan lezatnya makanan itu. Bukan hanya mengkonsumsinya, tapi kita harus tahu juga sejarah coklat. Coklat terbuat dari sebuah biji yang disebut dengan biji pohon kakao, suku maya dan aztek di pedalaman Amerika Tengah adalah penemunya. Dulu mereka menanam pohon kakao, yang nantinya bijinya akan di campur dengan air dan di kocok – kocok. Pada masa itu, coklat masih berupa minuman dengan rasa pahit, di balik kepahitannya mereka menganggap sebagai symbol kemakmuran.

Biji kakao mengandung sekitar 50 persen lemak yang terdiri dari dua jenis lemak jenuh dan satu asam lemak tak jenuh. Terdapat juga vitamin A, B1, B2, B3, C, E dan asama pantotenat. Selain itu biji kakao juga mengandung kafin dalam jumlah yang rendah jauh di bawah kopi dan teh. Serta Antioksidan yang bisa menjaga kesehatan tubuh.

Sedangkan pengolahan coklat itu sendiri di temukan oleh bangsa belanda yang bernama Casparus van Houten dan anaknya Coenraad van Houten pada tahun 1828. Dia lahir di Amsterdam tanggal 15-Maret – 1801 dari pasangan Casparus van Houten dan Arnoldina dan dia menciptakan alat pemerahan untuk memisahkan lemak coklat dari biji yang sudah di panggang. Ayahnya tersebut memiliki pabrik coklat di Amsterdam dan kala itu beliau telah mematenkan temuanya yang menekan lemak dari biji coklat. Tetapi masih terlalu besar untuk di cerna bagi tubuh. Kemudian oleh Coenraad disempurnakan menggunakan potassium dan sodium karbonat untuk menghilangkan rasa pahit dari biji kakao tersebut. Metode ini disebut dengan nama “Dutching” dan produknya adalah Dutch Chocolate dengan warna hitam dan memiliki rasa yang kuat.

Pada tahun 1850, Van Houten membangun pabrick di Weesp, Belanda. Sejak saat itu, perusahaan tersebut mulai mengekspor produknya ke Inggris, Perancis dan Jerman.  Dan juga menerima berbagai penghargaan dan medali emas, sedangkan pada tahun 1900 Van Houten masuk dalam peringkat 10 merek yang paling terkenal di Amerika Serikat. Dan ini dia produk coklat Van houten.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar