Rabu, 28 November 2018

Alasan Anjing Dihindari Muslim

Gambar : traxonsky.com
Anjing adalah hewan kesayangan dan cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan bagi beberapa orang. Hewan ini juga mudah dilatih seperti pada hewan kucing, mereka sama - sama memiliki bulu yang bagus dan sangat penurut. Namun beda dengan kucing anjing selalu mengeluarkan suara - suara yang mungkin beberapa orang terganggu dengan suaranya. Orang yang memelihara anjing rata - rata orang non muslim dan sangat sedikit sekali orang muslim memelihara anjing. Untuk muslim biasanya mereka memelihara kucing.

Beberapa hadits menyatakan haram untuk dipelihara namun sebagaian menyatakan makruh. Namun ada kitab Al Majmu Syarah Al Muadzab yang menyatakan sebagai berikut :

Nabi SAW memberikan keringanan pada anjing buruan dan anjing penjaga ternak, dalam riwayat yang lain, anjing penjaga tanaman dan melarang memelihara anjing dari selain tujuan itu. Para sahabat kami dan lainnya telah sepakat bahwa haram memelihara anjing tanpa ada hajat (keperluan) seperti memelihara anjing karena kagum dengan bentuknya atau karena untuk bangga-banggaan, maka ini semua haram tanpa khilaf."

Dari situ kita dapat menyimpulkan, kalau anjing hanya boleh dipelihara untuk menjaga ternak dan tanaman saja dari hewan - hewan buas. Anjing juga biasa dijadikan sebagai pembantu pemerintah seperti untuk mencari jasad saat ada bencana. Tentu juga kita sudah tahu air liur aniing saja jika kita terkena kita harus mencuci dengan tanah sebanyak tujuh kali. Dengan demikian sebaiknya kita sebagai muslim menghindari untuk memelihara anjing, masih banyak hewan yang halal untuk di pelihara. Itulah hadits yang menyatakan hal kenapa orang muslim tidak memelihara anjing.

1 komentar: