Selasa, 04 Desember 2018

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Gambar : irtaqi.net (edit admin)
Sebagai seorang muslim yang taat, puasa adalah salah satu kewajiban dalam menjalankan perintah Allah SWT. Namun ada amalan tambahan yang akan menambahkan pahala bekal untuk di akhirat kelak. Yaitu ibadah yang bersifat sunah atau jika dilakukan mendapatkan pahala dan jika tidak dilakukan tidak apa - apa. Salah satu ibadah sunah itu adalah puasa senin dan kamis, puasa senin dan kamis dilakukan seperti puasa pada umumnya seperti bulan ramadhan. Namun ini hanya dilakukan pada hari senin dan kamis saja. Banyak hadits shahih menyatakan kalau nabi Muhammad SAW sering melakukan puasa senin kamis.

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata :
Adalah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis.” (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan Al-Albani)

Bukan tanpa alsan kenapa Raaululloh SAW menyukai puasa sunah ini :

Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)

Adapun keutamaan yang lain adalah pintu - pintu Surga dibuka pada hari senin dan kamis

Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengam-punan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

Itulah beberapa keutamaan puasa sunah senin dan kamis yang menurut saya dan seorang muslim adalah suatu waktu untuk menambahkan pahala dan keimanan kita. Karena nabi besar Muhammad SAW juga melaksanakan secara rutin.

1 komentar: