Senin, 17 Oktober 2016

Rahasia Dibalik Mata Kucing Yang Menyala Digelapan

Kucing adalah mamalia darat yang biasanya kita jadikan hewan peliharaan, selain karena bulu hewan ini yang sangat halus, ya walaupun ada jenis kucing yang tidak mempunyai bulu, karena cukup mudah untuk memelihara hewan yang satu ini. Namun sering kita lihat pada malam hari atau dalam suasana gelap, mata dari seekor hewan kucing akan terlihat menyala saat terkena cahaya.

Berikut rahasianya yang perlu kita ketahui :

Hewan nocturnal
Kucing adalah salah satu hewan nocturnal, hewan nocturnal sendiri adalah hewan yang aktif di malam hari. Hewan jenis ini biasanya hanya mengandalkan kemampuan penciuman, pendengaran dan penglihatan. Maka dari itu kenapa kita sering melihat kucing tidak aktif dan hanya bermalas - malas ketika pagi atau siang hari. Selain kucing ada beberapa hewan yang juga nocturnal seperti kelelawar, tarsius, burung hantu, tikus, musang, kuskus dan masih banyak yang lainnya.

Lapisan tapetum lacidum
Mata kucing dilapisi dengan tapetum lacidum, lapisan tersebut adalah lapisan yang berada di dalam mata tepatnya di sekitar retina yang biasanya terdapat pada hewan jenis vertebrata. Lapisan tersebut tersusun dari 15 sel yang digunakan untuk memperbanyak jumlah cahaya yang diterima oleh retina dan kemudian memantulkan kembali. Dan warnanya pun bervariasi dari kucing satu dengan yang lainnya.

Bentuk Pupil mata
Pupil yang terdapat pada mata kucing dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Pada waktu siang hari pupil mata kucing berbentuk garis lurus panjang secara vertical. Sedangkan pada cahaya yang minim atau pada malam hari pupil pada mata kucing akan membesar untuk dapat memperoleh atau meningkatkan cahaya yang diterima fotoreseptor.

Hanya membutuhkan 1/6 cahaya
Kucing hanya membutuhkan 1/6 cahaya di bandingkan dengan manusia. Hal ini memudahkan hewan ini untuk bertahan hidup di saat malam hari karena dapat mendeteksi objek atau sasarannya di sekitarnya walaupun dalam suasana yang sangat gelap.

Itulah 4 alasan kenapa mata kucing terlihat menyala pada saat malam hari, kadang kita berpikirnya hal tersebut sangat menyeramkan. Tapi ternyata ada penjelasan ilmiahnya dan semoga bermanfaat menambah pengetahuan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar