Minggu, 30 Juli 2017

Buah Pisang Untuk Penderita Diabetes

Pisang adalah sejenis buah yang banyak tumbuh di sekitar rumah dengan mudah apalagi di Indonesia, sangat banyak ditemui pohon - pohon pisang. Dan terutama di desa - desa yang kondisi alamnya masih alami dan segar, harganya pun cukup murah untuk masyarakat. Pisang juga memiliki banyak jenis bahkan ada juga pisang yang memiliki warna merah saat matang, namun yang sering dijual dan di tanam biasanya pisang yang kalau matang memiliki warna kuning.

Banyak kandungan zat baik di dalam buah pisang tersebut termasuk vitamin B kompleks,kalsium vitamin c, kalium, zat besi dan magnesium. Rasanya yang manis dan mengenyangkan, banyak orang yang menyukai buah yang satu ini termasuk hewan monyet yang sering digambarkan suka dengan pisang meski beberapa orang tidak suka.

Rasa yang manis dari buah pisang tersebut banyak orang menganggap bahwa buah ini tidak boleh dimakan oleh penderita diabetes. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena beberapa penelitian mengatakan bahwa pisang boleh di konsumsi oleh penderita diabetes. Namun yang dianjurkan oleh dokter yaitu pisang dengan kondisi kematangan yang belum terlalu manis, atau pisang yang masih memiliki sedikit rasa sepat.

Kandungan serat dalam buah pisang ini dipercaya membuat perut kita kenyang lebih lama, sehingga penderita diabetes nantinya tidak terlalu banyak memasukkan karbohidrat lagi. Sehingga gula darah kita sedikit terkontrol dan terbantu oleh buah pisang ini, selain buah pisang baik di konsumsi oleh penderita diabetes manfaat dari buah pisang itu juga tidak sedikit.

Dan beberapa manfaat dari buah pisang tersebut antara lain :
1. Mencegah Radikal Bebas
Vitamin C yang cukup dalam buah pisang tersebut, mampu memenuhi dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Tentunya dengan mengkonsumsinya secara rutin misalkan untuk sarapan pagi dan selingan makan siang setidaknya dalam satu hari mengkonsumsi 2 buah pisang.

2. Mencegah Sakit Jantung

Kalium yang ada di dalam buah pisang ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, selain itu juga di dukung zat flavonoid  yang berfungsi untuk mencegah proses oksidasi lemak.

3. Mengobati Sembelit dan Melancarkan Pencernaan

Pisang juga bisa berfungsi untuk agar kita terhindar dari mengerasnya fases, sehingga sistem pencernaan kita akan bekerja dengan lebih baik. Makannya banyak sekali orang menggunakan pisang untuk diet atau sebagai pengganti nasi.

4. Baik Untuk Tulang
Zat mangan yang terkandung dalam buah ini juga sebagai nutrisi untuk tulang. Sehingga jika pisang di konsumsi secara rutin dapat menyehatkan tulang.

5. Menghindari Anemia
Jika anda mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah, buah pisang juga mengandung zat besi sehingga konsumsi 2 buah pisang setiap hari akan mencegah terjadinya anemia.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar