Jumat, 14 Juli 2017

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan



Kurma atau nama lain dari Phoenix dactylifera ini termasuk dalam tanaman palma, yang buahnya kita kenal sekarang ini. Kurma tumbuh subur di daerah gurun pasir, maka dari itu buah kurma sejak zaman dahulu sudah menjadi makanan pokok di daerah Timur Tengah. Menurut wikimapia, salah satu negara terbesar yang menjadi produsen terbesar dari negara – negara timur tengah yaitu Mesir yang mencapai 1,313.69 ton. Kurma juga memiliki beberapa jenis diantaranya kurma ajwa, sekki, barhi, kholas, khidri, monief, majol, silaj, sokari dan mactoumi. Dan kurma yang paling terkenal bagus dan lezat yang juga sering di konsumsi oleh Nabi Muhammad SAW yaitu kurma ajwa karena rasanya yang tidak terlalu manis dan rasanya seperti kismis.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah kurma tentu tidak bisa di remehkan dan diragukan lagi dibandingkan buah yang lain. Menurut wikimapia yang bersumber dari data nutrisi USDA Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz) yaitu Energi 1.180 kJ (280 kcal), Karbohidrat 75 g, Gula 63 g, Serat pangan 8g, Lemak 0.4g, Protein 2.5g, Air 21 g, Vitamin C0.4mg(1%), Manganese 0.262mg. Dengan begitu, buah kurma memiliki banyak manfaat jika di konsumsi secara rutin. Dalam sebuah hadits mengatakan bahwa nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk mengkonsumsi 7 buah kurma setiap hari pada pagi hari agar terhindar dari racun dan sihir.


      A. Manfaat Buah Kurma
Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan bagi tubuh kita jika mengkonsumsi buah kurma secara rutin antara lain :
1. Baik untuk Usus
Begitu banyak serat yang ada di dalam buah kurma, sehingga dapat membersihkan dan mengeluarkan sisa - sisa makanan yang ada di dalam usus kita. Dengan begitu kita juga terhindar dari segala penyakit yang di timbulkan dari sisa - sisa makanan yang ada di dalam usus kita.
2. Sumber Antioksidan
Kurma juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh kita, sehingga sumber penyakit susah untuk masuk ke dalam tubuh kita.
3. Sumber Energi
Jika anda setiap hari mengkonsumsi 100g kurma segar, maka anda sudah mendapatkan kurang lebih 15% energi dalam tubuh anda. Namun berbeda dengan jika anda mengkonsumsi buah kurma kering yang biasa di pasaran, tentunya kadar dari buah kurma juga akan berkurang.
4. Melindungi Jantung 
Kalium yang ada di dalam buah kurma sangat cocok untuk melindungi jantung, karena dapat menormalkan denyut pada jantung tubuh anda.
5. Mencegah Stroke
Dengan mengkonsumsi 5-7 butir kurma setiap hari, kebutuhan kalium dalam tubuh anda tercukupi dan 40% dapat mencegah penyakit stroke.
6. Mencegah Anemia
Asam askorbat yang ada di dalam buah kurma dapat memenuhi zat besi dalam tubuh, sehingga kita terhindar dari anemia atau kurang darah.
7. Mencegah Insomnia
Buah kurma juga mengandung vitamin B3, sehingga dapat mencegah terjadinya Insomnia. 

Yang dianjurkan untuk di konsumsi yaitu buah kurma yang masih segar atau basah, karena kalau buah kurma yang kering nutrisi yang ada di dalam buah kurma sudah berkurang namun tenang saja karena nutrisi dalam buah kurma kering tidak 100% habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar