Rabu, 12 Juli 2017

Manfaat Minyak Buah Zaitun


Minyak zaitun dan juga sering disebut olive oil ini tentunya berasal dari buah Zaitun atau Olea Europaea yang sudah tua dan diproses dengan cara diperas. Buah zaitun yang masih muda atau mentah yang memiliki warna hijau juga bisa langsung dapat di konsumsi tanpa harus diproses terlebih dahulu. Kandungan yang ada didalam buah zaitun juga sangat banyak sehingga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Diantaranya adalah vitamin A, C, D, E,K dan juga kandungan lain yaitu asam lemak tak jenuh, asam lignoserat, zat besi,polifenol, pottasium dan kalsium. Maka dari itu dari zaman dahulu sampai sekarang masih banyak yang menggunakan minyak zaitun untuk merawat tubuhnya entah dengan cara dioleskan pada bagian kulit atau langsung dikonsumsi.

A. Manfaat Minyak Zaitun Bagi Dalam Tubuh
Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat dari minyak zaitun adalah dengan cara mengkonsumsinya secara rutin antara lain :

1. Menangkal Radikal Bebas
Dikarenakan minyak zaitun mengandung polifenol, maka dari itu minyak zaitun dapat membantu    tubuh dalam mencegah molekul yang buruk ke dalam tubuh.
2. Mencegah Kolestrol Tinggi dan Penyakit Jantung
Lemak tak jenuh yang ada di dalam minyak zaitun dapat mencegah kolestrol jahat sehingga juga akan baik untuk mencegah penyakit jantung.
3. Mencegah Penyakit Diabetes
 Hidroksitirosol adalah zat yang dapat mengontrol kadal gula darah sehingga mencegah penyakit    diabetes.
4. Mencegah Kanker
Antioksidan yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit kanker muncul dalam tubuh.
5. Mengobati Nyeri Sendi dan Menangkal Osteoporis
Kalsium yang dapat memberikan vitamin pada tulang juga zat prostaglandin yang digunakan untuk mencegah pembengkakan dan nyeri tulang.

B. Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kulit
Selain di konsumsi langsung minyak zaitun juga bisa terapkan langsung pada kulit, sehingga dapat mengobati segala penyakit yang ada pada kulit antara lain :

1. Menghilangkan Bekas Jerawat
Oleskan tetesan minyak zaitun pada bekas jerawat yang ada pada wajah anda secara perlahan dan rutin atau bisa juga memanaskan terlebih dahulu kemudian baru di oles.
2. Mengatasi Wajah Yang Berminyak
Wajah yang berminyak akan sangat mengganggu penampilan anda sehari – hari, maka dari itu hilangkan minyak tersebut dengan menggunakan minyak zaitun  dengan cara mengoleskan pada wajah dan diamkan selama ± 5 menit. Dan kalau perlu ditambah uapkan wajah anda sehingga hasilnya akan maksimal, kemudian keringkan dengan handuk..
3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Jika kulit anda tak sengaja terkena pisau dan menggoreskan luka, gunakan minyak zaitun sebagai pertolongan pertama. Dengan cara setelah mencuci luka goresan tersebut oleskan minyak zaitun tersebut pada luka.
4. Untuk Merawat Rambut
Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk merawat rambut antara lain mencegah kerontokan dan ketombe. Dengan cara meneteskan beberapa minyak zaitun pada wadah kecil dan kemudian usapkan pada rambut dan juga kulit kepala secara merata, tunggu 10 – 15 menit dan kemudian bilas menggunakan air bersih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar