Selasa, 10 Oktober 2017

Sang Penemu Radio Pertama

Mungkin kalau jaman sekarang, jarang sekali orang mendengarkan radio. Karena sudah mulai tergantingan oleh Mp3 atau model kaset yang dapat di putar di media player CD dan sebagainya. Namun tetap saja sampai sekarang beberapa orang masih suka mensengarkan radio, walau tidak nanyak seperti tahun-tahun sebelumnya. Radio digunakan sebagai media informasi yang disebarkan melalui suara dan dari antena khusus sebagai jaringan yang menyebarkan. Bahkan Indonesia menyebarkan pidato dari presiden pertama kali Indonesia tentang kemerdekaan melalui radio.

Sedangkan radio itu sendiri ditemukan oleh seseorang yang bernama Guglielmo Marconi yang lahir pada tanggal 25 April tahun 1874 di daerah Bologna,Italia. Pada saat itu dia mendapatkan pelajaran privat dari seorang gurunya. Beliau juga belajar dari percobaan dan penemuan dari Heinrich Hertz tentang gelombang elektromagnetik. Dan kemudian dia mulai mempunyai ide tentang gelombang yang dapat digunakan untuk mengirimkan tanda-tanda jarak jauh tanpa lewat kawat. Sehingga cara ini dapat mengirimkan berita ke kapal yang ada di tengah laut.

Pada tahun 1895, beliau dapat memproduksi peralatan yang dibutuhkan dalam pengiriman berita. Setahun berikutnya, yaitu pada tahun 1896 dia mendapatkan hak patennya di Inggris walaupun belum sempurna. Pada tahun 1898 dia mendirikan perusahaan, dan pada tahun berikutnya dia dapat mengirimkan berita tanpa menggunakan kawat. Tahun 1900 akhirnya dia dapatkan hak paten yang resmi, serta kemudian dia semakin menyempurnakan penemuannya tersebut. Hingga pada tahun 1901 dia dapat mengirimkan berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland.
Hingga akhirnya pada tanggal 20 Juli 1937 dia meninggal dunia di Roma,Italia.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar