Senin, 09 Oktober 2017

Cara Sehat Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal muncul karena ada benda yang menyerupai batu yang ada di dalam ginjal, dan senenarnya benda yang mirip dengan batu tersebut terbentuk karena berasal dari zat limbah yang ada di dalam darah yang di saring oleh ginjal sehingga semakin lama mengendap dan mengkristal menjadi seperti batu. Dan biasanya keluar melalui air urine, namun di bebrapa orang tidak dapat keluar dengan mudah apalagi sudah sedikit besar. Batu ginjal biasanya sering di derita oleh laki-laki, walaupun beberapa wanita juga ada kemungkinan terkena batu ginjal. Dan yang menderita batu ginjal antara umur 30 ke atas. Namun penderita biasanya belum merasakan ketika batu ginjal masih ukuran sangat kecil. Dan akan dirasakan sangat sakit ketika batu ginjal semakin lebih besar, penderita biasanya mengalami nyeri di pinggang yang sangat sakit.

Namun penyakit batu ginjal dapat kita minimalisir atau di cegah dengan beberapa tips berikut :

1. Minum Air Putih
Cara sederhana yaitu minum air putih setiap hari dengan rutin dan cukup, seperti yang dianjurkan standar dokter dan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita masing-masing. Atau sekitar 8 gelas ukuran sedang.

2. Kurangi Konsumsi Daging
Dalam daging di percaya terdapat senyawa yang dapat membentuk batu ginjal. Maka dari itu, harus mengurangi konsumsi daging.

3. Diet Sehat
Tentunya dengan olah raga ringan dan konsumsi makanan yang mengandung kalium dan magnesium.

4. Kurangi Garam
Yodium yang ada dalam garam yang terlalu banyak, ternyata membuat meningkatkan ekskresi dalam urine.

5. Konsumsi Kalsium
Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup kalsium, dapat mengikat oksalat akan diikat dalam tulang dan di dalam tubuh, sehingga tidak masuk ke dalam urine.

Dalam dunia kesehatan, tentunya mencegah lebih baik dari pada mengobati. Namun jika sudah terlalu parah maka segeralah datang ke dokter.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar