Selasa, 06 Maret 2018

Khasiat Jeruk Nipis Selain Sebagai Obat Batuk

Sudah bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia tentang jeruk nipis yang biasanya digunakan sebagai tambahan masakan atau bahkan dijadikan minuman dan obat batuk dengan ditambahkan sedikit garam dan kecap manis. Rasa jeruk nipis yang asam dan memiliki bentuk bulat, serta pohonya memiliki banyak cabang dan berduri. Di Indonesia sendiri juga cukup banyak orang yang menanam dan membudidayakannya atau sekedar untuk konsumsi sendiri.

Kandungan senyawa yang ada didalam jeruk nipis cukup banyak,  apalagi kandingan vitamin C yang terkenal, selain itu juga memiliki banyak vitamin B1, B2, B3 dan B5, bahkan juga mengandung gula, zat besi, kalsium, protein, lemak, karbohidrat, lemak, protein dan magnesium. Yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita, dan juga dapat menyembuhkan atau mencegah beberapa penyakit.

Diantara manfaat tersebut antara lain

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Sudah tentunya vutamin c yang ada didalam jeruk nipis sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit dan radikal bebas yang akan menyerang tubuh kita.

2. Membantu Pencernaan
    Senyawa flavonoid yang merangsang pencernaan dan zat asam yang dapat memecah molekul makro makanan.

3. Menghilangkan Kolesterol
    Jika kadar kolesterol dalam tubuh tinggi akan menimbulkan banyak masalah dan penyakit seperti jantung dan stroke. Maka dari itu kita harus menghilangkan kadar kolesterol dalam tubuh secara rutin agar terhindar dari segala penyakit mematikan tersebut. Dan serat larut yang ada didalam jeruk nipis dapat menghilangkan kolesterol yang ada didalam tubuh.

4. Melegakan Pernapasan.
    Dengan memghirup aroma dari perasanjeruk nipis dapat melegakan pernapasan dan juga dapat mengilangkan rasa mual. Itu dikarenakan minyak flavonoid yang ada didalam jeruk nipis.

5. Mencegah Kanker
    Flavonoid yang ada didalam jeruk nipis dapat mencegah kerusakan sel, sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker.

Walaupun rasanya asam, tapi memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita apalagi vitamin c yang cukup tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar