Selasa, 06 Maret 2018

Kunyit Sudah Diakui Manfaatnya

Kunyit atau kunir adalah salah satu jenis rempah-rempah dan obat-obatan yang banyak dijumpai di Asia Tenggara termasuk salah satunya Indonesia. Banyak dijumpai sekitar masyarakat Indonesia mengkonsumsi kunyit atau bahkan ada yang membudidayakan hanya untuk sekedar bahan campuran masakan dan bahkam untuk penyembuhan sebuah penyakit. Karena penanaman yang sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Kandungan senyawa baik yang ada pada kunyit juga sangat banyak antara lain magnesium,  zat besi, glukosa, fruktosan, tanin, minyak atsiri dan zat warna kurkuminoid.

Sehingga beberapa penyakit dapat disembuhkan dengan kunyit ini antara lain :

1. Meringankan Gejala Maag
    Beberapa penelitian menyatakan bahwa kunyit mampu membantu mengurangi gejala perut kembung dan nyeri pada penderita maag jika sari dari kunyit diminum secara rutin.

2. Mencegah Sel Kanker
    Kandungan antioksidan didalam kunyit dapat mencegah pertumbuhan sel kanker atau bahkan senyawa curcumin menurut beberapa penelitian menyatakan dapat membunuh sel kanker.

3. Mengurangi Stress
    Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa senyawa curcumin dapat mengurangi stress dan depresi, sehingga kunyit biasa dijadikan sebagai sarana terapi dalam waktu yang cukup lama.

4. Menurunkan Kolesterol
    Kolesterol yang tinggi pada tubuh kita sangat berbahaya bagi tubuh kita dan akan menimbulkan penyakit jantung. Maka dari itu zat curcumin yang ada dalam kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh kita.

5. Meningkatkan Daya Ingat Otak
    Senyawa yang ada didalam kunyit dipercaya dapat menghasilkan hormon melatonin dan serotonin yang mampu meningkatkan daya ingat pada otak.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita beberapa kali dalam satu minggu mengkonsumsi air perasan kunyit agar kita dapat memgambil manfaat di dalamnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar