Minggu, 11 Maret 2018

Makna Hari Musik Nasional

Ada beberapa orang yang mungkin belum mengetahui tentang hari musik nasional Indonesia, dan sebagai warga yang baik kita harus tahu kapan hari musik nasional dan hari musik nasional tepat pada tanggal 9 Maret. Hari musik nasional Indonesia tentunya bertujuan untuk menghargai karya dan musisi nasional Indonesia.

Hari musik nasional pertama di susun pada tahun 2003 dan tepatnya di era kepemimpinan Megawati Soekarno Putri yang berasal dari usul para PAPPRI atu Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia. Namun baru kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono yaitu pada tahun 2013 baru hari musik diresmikan. Memilih tanggal 9 maret sebagai hari musik nasional karena pada tanggal itu, dimana WR Supratman lahir. WR Supratmam sendiri adalah pahlawan yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia yang sampai sekarang masih dinyanyikan yang biasanya pada saat upacara.

Walaupun pada beberapa waktu terdapat perdebatan para ahli sejarah tentang lahirnya WR Supratman yang menyatakan bahwa tanggal lahir beliau 19 Maret 1903 bukan 9 Maret 1903. Terlepas dari perdebatan yang ada, namun ketetapan tentang hari musik nasional Indonesia sudah diresmikan pada tanggal 9 Maret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar