Rabu, 07 Maret 2018

Sering Membersihkan Telinga Berbahaya

Telinga adalah indra pendengaran manusia yang pastinya untuk mendengarkan, telinga juga sering terdapat masuknya kotoran. Rata-rata orang membersihkannya dengan cotton bud, atau bahkan menggunakan lilin khusus yang biasanya ada didalam usaha therapy. Padahal sebenarnya membersihkan kotoran yang ada ditelinga cukup berbahaya.

Telinga menghasilkan kotoran telinga yang sebenarnya berfungsi untuk mencegah masuk kedalam telinga dan pada akhirnya ke tubuh. Maka dari itu kotoran telinga juga ada fungsinya walaupun terlihat kotor. Padahal kotoran telinga memiliki sifat antibiotik dan anti jamur, dan maka dari itu jangan terlalu sering membersihkan kotoran yang ada di telinga karena dapat menyebabkan infeksi pada telinga.

Walaupun saat anda membersihkan telinga, terlihat pada cotton bud sudah mengeluarkan kotorannya namun anda juga mendorong sebagian kotoran telinga semakin kedalam. Dan bahkan dapat menyentuh dan mendorong gendang telinga, sehingga malah menjadi gangguan yang fatal terhadap telinga kita. Jika semakin sedikit kotoran yang ada didalam telinga maka akan semakin besar resiko infeksi yang akan terjadi pada telinga anda. Sebenarnya telinga sudah otomatis akan membersihkan sendiri atau memecah kotoran yang ada didalam telinga. Maka dari itu jangan gunakan cotton bud untuk membersihkannya, jika memamg terpaksa kotorannya menumpuk maka cukup dengan menggunakan air dan membersihkannya diluar telinga tanpa memasukkan jari atau benda kedalam telinga.

Ternyata selama ini salah ketika kita terlalu sering membersihkan telinga,  padahal kalau dilihat dari sifatnya terlihat bagus namun ternyata hal itu salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar