Kamis, 08 Maret 2018

Bulu Hidung Sebaiknya Tidak Dicabut

Beberapa orang memiliki kebiasaan mencabut bulu hidung tentah menggunakan tangan kosong maupun menggunakan pinset. Karena memang jika buku hidung kita panjang dari batas hidung maka akan mengganggu penampilan terlihat tidak enak dilihat. Padahal kalau dilihat dari sisi yang lain memcabut bulu hidumg itu terlihat tidak berbahaya. Namun ternyata mencabut bulu hidung terlalu sering maka akan menimbulkan beberapa masalah penyakit pada hidung bahkan mempengaruhi fungsi organ lain.

Bulu hidung tidak boleh sering dicabut karena fungsi bulu hidung tidak sembarangan, karena fungsi bulu hidung tersebut adalah untuk menyaring kotoran yang masuk sehingga terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh kita.

Efek dari mencabut bulu hidung antara lain :
1. Mempengaruhi Kesehatan Otak
    Tentunya kita tahu bahwa hidung dekat dengan otak, maka jika ada bakteri yang masuk melalui hidung. Maka juga otomatis akan masuk dan berkembang di otak sehingga mempengaruhi kesehatan dan bahkan bisa terjadi infeksi otak atau bahkan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian.

2. Terjadinya Mimisan
     Memang terjadinya mimisan dapat terjadi karena beberapa faktor dan ternyata salah satu faktor adalah mencabut bulu hidung. Mencabut bulu hidung dengan keras dapat menyebabkan mimisan karena bisa saja saat mencabut bulu hidung memgenai pembuluh darah.

3.  Pendarahan Namun Ringan
     Saat mwmcabut bulu hidung yang cenderung memaksa dan keras akan menyebabkan pendarahan walaupun ringan, namun akan tetap merasa perih di hidung. Maka dari itu, bakteri dapat dengan mudah masuk kedalam hidung lalu ke tubuh dan otak.

Dan ternyata hal sepele yang sering kita lakukan yaitu mencabut bulu hidung sangat berbahaya bagi tubuh kita. Maka dari itu hentikan kebiasaan mencabut bulu hidung tersebut, dan jika bulu hidung memanjang dan melebihi batas hidung, cukuo memotong sedikit dengan menggunakan gunting yang steril.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar