Minggu, 15 Juli 2018

Syarat Hewan Yang Dijadikan Kurban

Saat hari raya Idul Adha tentunya umat muslin berlomba-lomba untuk mencari pahala lebih dan pada momen seperti ini dengab cara berkurban. Tentunya sebagai umat muslim pastinya sudah mempersiapkan sebelumnya untuk menyambut hari raya Idul Adha tersebut. Namun perlu diketahui bahwa ada syarat yang harus dipenuhi dari hewan kurban teesebut antara lain.
1. Jenis Hewan : Jenis hewan yang disyaratkan dalam syariat islam yaitu hewan ternak atau disebut dengan bahimatul an'am. Binatang tersebut yaitu unta, sapi, domba dan kambing, dan tentunya binatang tersebut tidak boleh diganti dengan hewan lain.
2. Pemilik Hewan : Syarat yang kedua adalah pemilik hewan tersebut dan juga bagaimana proses mendapatkannya yaitu harus halal cara mendapatkan artinya tidak mencuri atau hasil riba.
3. Kesehatan Hewan : Kesehatan pada hewan kurban tenrunya juga sangat penting, karena kita memberi makan orang banyak. Artinya hewan kurban tersebut tidak cacat pada mata dan juga tidak pincang pada kakinya, serta kesehatan pada dalam tubuh hewan kurban yang sudah diketahui. Maka dari itu untuk memilih hewan kurban sebaiknya minta tolong kepada yang lebih mengerti tentang bagaimana kesehatan hewan kurban.
4. Usia Hewan Kurban : Hewan yang menjadi kurban juga harus memenuhi syarat usia pas untuk disembelih. Untuk hewan sapi harus genap usia 2 tahun dan masuk tahun ketiga, kambing usia 1 tahun masuk ke dua tahun, unta usia 5 tahun masuk ke enam tahun, sedangkan domba harus mencapai umur 6 tahun dan masuk tahun ketujuh.
5. Kurban Secara Kelompok : Berkurban tidak harus Individu, karena untuk kurban hewan sapi dan unta boleh berkelompok dengan cara iuran. Tentunya jumlah kelompok tersebut dibatasi, untuk sapi maksimal 7 orang dan untuk unta maksimal 10 orang. Dan tentunya untuk hewan kurban kambing dan domba harus Individu dan tidak boleh berkelompok.
Dengan seperti itu kita sudah mengetahui syarat hewan yang akan dikurbankan, maka dari itu jangan sampai kita melanggar atau asal dalam memilih hewan kurban agar menjadikan pahala bukan menjadikan dosa karena tidak sesuai dengan hadits syarat sah kurban. Semoga kurban kita didunia menjadikan amalan pahala yang besar nantinya di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar