Jumat, 14 Desember 2018

Cempedak Dan Nangka Serupa Tapi Tak Sama

Ganbar Cempedak : arbamedia.com
Kita tentu sudah tidak asing dengan buah nangka, karena tumbuh subur di berbagai wilayah Indonesia, namun untuk buah cempedak beberapa dari kita mungkin asing dan belum mengetahuinya. Atau kalau sudah mengetahui dan belum pernah merasakan pasti ingin tahu apa perbedaanya dari buah itu, karena dari sisi bentuk kulit dan buah seperti sama tapi walaupun terlihat sama cempedak dan nangka adalah henis buah yang berbeda. Mungkin jika kita melihat dari kejauhan akan terlihat sama, namun jika kita melihat lebih dekat dan mencoba nencicipinya akan terasa sekali perbedaannya.
Gambar Nangka : mamapapa.id
1. Kulit Buah
Kulut buah nangka lebih tajam dan hijau, namun untuk cempedak kulitnya tumpul dan jika sudah matang maka akan berwarna kuming.

2. Bentuk Daging Buah
Daging buah nagka lebih berserat dan cempedak tidak terlalu. Biasanya untuk mengeluarkan buah nagka akan sedikit sulut diambil, dan jika cempedak lebih mudah. Dilihat dari bentuk dagingnya juga terlihat, karena daging buah cempedak lebih bulat dan nangka sedikit lonjong.

3. Bau Buah
Bau atau aroma buah nangka lebih manis dan lembut, sedangkan buah cempedak lebih tajam baunya.

Dan ternyata banyak juga perbedaannya, padahal kalau dilihat dari kejuhan akan terlihat sama, itulah beberapa perbedaan buah nangka dan cempedak, dan apabila ada kekurangan mohon untuk ditambahkan kedalam komentar.

1 komentar: