Kamis, 13 Desember 2018

Tempe Busuk Tetap Idaman Ibu

Gambar : plukme.com
Tempe yang biasa digunakan untuk tambhan lauk makan sehari - hari ini , yang terbuat dari kedelai ini selain enak dan juga banyak mengandung zat yang bermanfaat untuk tubuh kita. Bahkan walaupun sudah srtengah busuk, tempe masih bisa digunakan untuk tambhan rasa pada sayuran, seperti sayur terong yang sangat enak jika ditambhakan sedikit tempe busuk. Kadang kalau tidak memiliki tempe busuk, para ibu sering dengan sengaja membiarkan sedikit tempenya agar busuk. Kelihatanya memang sedikit menjijikkan tapi untuk ditambahkan kedalam beberapa sayuran akan membuat sayuran tersebut menjadi lebih sedap. Waktu pembusukan atau fermentasi dilakukan selama 1 sampai 2 hari saja, caranya pun tinggal meletakkan tempe pada wadah biasa dan diamkan. Bahkan bisa juga diletakkan di pintu kulkas. Namun jangan salah, karena tempe busuk juga mengandung manfaat.

1. Menambah Rasa
Rasa pada sayuran misalnya sayur terong,  tanpa menggunakan tempe busuk maka rasa sayuran tersebut akan sedikit hambar. Ada juga jenis sambal ditambahkan dengan sedikit tempe busuk. Sehingga jika tidak ada tempe busuk maka rasa dari sambal atau sayuran tersebut akan menjadi hambarseperti ada yang kurang.

2. Nafsu Makan Bertambah
Pada zaman dahulu, jika ada anak - anak yang nafsu makannya mulai berkurang maka ditambahkan tempe busuk bakar di dalam nasi mereka.

3. Untuk Sapi
Bahkan tidak hanya untuk manusia, tempe busuk juga baik untuk mengobati cacingan pada sapi dengan menambahkan beberapa rempah.

4. Vitamin B
Pada tenpe busuk dipercaya mengandung Vitamin B yang berguna untuk menambkan sel darah merah pada tubuh, sehingga dapat mencegah anemia.

5. Mengatasi Perut
Dalam tempe busuk juga mengandung antioksidan yang baik untuk mengatasi masalah perut yaitu kembung.

Itulah beberapa manfaat yang dapat saya jabarkan, dan kita sekarang tahu ternyata tempe busuk masih bermanfaat juga. Dan jika memang ada yang kurang dari penjabaran di atas mohon untuk menambahkan koreksi pada kolom komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar