Selasa, 04 Desember 2018

Nabi Muhammad SAW Mengutamakan Puasa Daud

Gambar : pixabay.com (edit admin)
Setelah membahas tentang puasa sunah senin kami, kali ini saya akan membahas sedikit tentang puasa Daud. Puasa daud adalah puasa yang dikerjakan oleh Nabi Daud AS. Nabi Daud AS sendiri menerima kitab zabur dari Allah SWT. Puasa daud ini dikerjakan sehari puasa dan sehari tidak dan seterusnya selama itu bukan hari - hari yang dilarang seperti hari - hari di bulan Ramadhan. Bahkan nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk umatnya melakukan puasa tersebut.

"Puasa yang paling utama adalah puasanya Nabi Daud AS, ia berpuasa sehari dan berbuka (tidak puasa) sehari (HR.An- nasa'i)"

Mungkin kita akan bertanya - tanya, kenapa kalau memang puasa ini adalah puasa sunah yang baik kenapa nabi Muhammad SAW tidak menjalankannya. Itu dikarenakan Nabi Muhammad SAW tidak ingin memberatkan umatnya dikemudian hari dan tidak ingin menganggapnya sebuah puasa yang diwajibkan.

Dan ternyata itulah alasan kenapa puasa Daud itu istimewa dan kenapa Rasululloh tidak mengerjakan tapi menganjurkan, benar - benar mulia suri tauladan Nabi Muhammad SAW ini yang memikirkan umatnya.

1 komentar: