Kamis, 03 Desember 2020

Fakta Tersembunyi Ikan Lele

 

Fakta Tersembunyi Ikan Lele – Ikan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, ya ikan lele termasuk ikan yang populer untuk dikonsumsi entah di warung – warung lesehan maupun warteg. Dengan di olah menggunakan bumbu yang khas maka rasa ikan lele akan sangat enak, walaupun ikan lele digoreng saja suah enak. Untuk peternakan ikan lele gampang – gampang susah dan tetap harus tekun juga jika ingin menjadikan lele sebagai hewan ternak. Walaupun ikan lele enak di konsumsi, namun ada beberapa orang yang tidak menyukai ikan lele, ada yang beranggapan bahwa lele adalah hewan yang kotor dan menjijikkan.

 

Sumber Gambar : https://unsplash.com/photos/uWLvruHp8kY

Berikut fakta unik ikan lele yang di liput laman mcp-indonesia.com

 

Hewan Nocturnal

Seperti pada hewan nocturnal lainnya, ikan lele juga termasuk dalam hewan nocturnal yang aktif mencari makan di malam hari dan ketika siang hari mereka bersembunyi di balik – balik batu.

 

Berperan Untuk Air

Ikan lele sering dikatakan hidup di air yang kotor, padahal kenyataannya adalah ikan lele dapat memperbaiki kualitas air yang tercemar. Ikan lele juga dapat dijadikan penolong bagi petani, karena ikan lele dapat memakan hama dan nyamuk di sawah.

 

Menghasilkan Banyak Telur

Untuk yang pernah ternak ikan lele pasti sudah tahu, kisaran jumlah telur ikan lele ketika mereka bertelur yaitu sekitar 2000 sampai 21000 telur. Dan telur – telur tersebut akan di sembunyikan oleh lel betina di tempat yang tersebunyi seperti di sela – sela batu. Telur ikan lele akan menetas dalam waktu 6 samapai 10 hari dan lele jantan akan menjaga anak – anak yang menetas sampai umur 1 minggu.

 

Sumber Gambar : https://unsplash.com/photos/z5gwXaKYuF8

Baik Untuk Konsumsi

Seperti yang dikatakan di awal artikel, di Indonesia ikan lele dijadikan sebagai konsumsi. Karena memang ikan lele memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi  dan bahkan dalam 100 gram ikan lele dikatakan mengandung 122 kalori dan 6 gram lemak. Tidak hanya itu saja, karena ikan lele mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, A, B komples, D, kalsium, kalium, fosfor, natrium, zink, dan magnesium.

 

Italah beberapa fakta unik tersembunyi ikan lele, ternyata ketika kita makan ikan lele juga dapat menambahkan gizi pada tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar