Sabtu, 14 Januari 2023

Hal Menarik Tentang Burung Cendrawasih

 

Hal Menarik Tentang Burung Cendrawasih – Burung cendrawasih memang cukup dikenal tidak asing lagi bagi banyak orang. Burung yang merupakan burung khas Papua ini memiliki keindahan tersendiri.

 


Cendrawasih merupakan burung dalam spesies Family Paradisaeidae, dan tentunya burung cendrawasih ini hanya ada di Indonesia bagian timur yaitu Papua Nugini serta di Negara Autralia bagian timur. Mereka memiliki 14 genus dengan 43 spesies, yang dimana meliputi 30 spesies ada di Indonesia.

 

Beberapa hal berikut ini menarik perlu kita ketahui tentang burung cendrawasih ini

 

Pernah Populer Di Luar Negeri

Burung cendrawasih ini pernah popular sebab program televisi sekitar tahun 1996, yang mana program tersebut dipandu oleh penyiar dan pecinta alam David Attenborough. Yang berisi cuplikan kehidupan cendrawasih saat dia sedang dalam perjalanan ke Papua Nugini.

 

Hewan Yang Di Lindungi

Banyaknya perburuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, membuat burung cendrawasih termasuk hewan yang di lindungi. Selain itu deforstasi membuat habitat burung ini terancam.

 

Memiliki Keunikan Cara Berkembang Biak

Cara yang unik saat kawin pada burung cendrawasih ini ketika yang jantan mengepakkan sayapnya yang berwarna cerah untuk menarik perhatian sang betina. Dimana tarian yang ditampilkan oleh sang jantan sangat memukau menampilkan fleksibilitas bulu dan bentuk badan menonjolkan keindahan warna bulunya. Cendrawasih jantan bukan sembarangan dalam menari bahkan mereka terlihat membersihkan paruh dan lingkungan sekitar sarangnya menjadi panggung ritual mereka.

 

Itulah beberapa fakta menarik tentang burung cendrawasih.

 

 

Sumber : https://travel.detik.com   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar