Rabu, 18 Januari 2023

Mengenal Lebih Tentang Benua Eropa

 Mengenal Lebih Tentang Benua Eropa – Kalau kita mendengar benua Eropa yang terlintas dalam pikiran kita tentunya kemewahan dan kemajuan. Mari kita mengenal lebih tahu tentang Benua Eropa

 


Letak Geografis Dan Astronomis

Secara geografis benua Eropa juga merupakan bagian dari beberapa Negara Asia yang di kenal sebagai Eurasia. Sedangkan untuk letak astronomisnya Benua Eropa terletak di 36ºLU - 71ºLU dan 9ºBB - 66ºBT. Benua Eropa ini membujur dari barat ke timur sejauh 5.300 km, dan melintang sejauh 3.950 kilometer dan memilki luas 10,53 juta kilometer persegi. Yang menjadi pemisah antara Benua Asia dan Benua Eropa adalah pegunungan ural. Batas – batas Benua Eropa adalah sebagai berikut : Untuk bagian Utara: Samudra Arktik atau Kutub Utara, Selatan: Benua Afrika, Laut Hitam, dan Laut Tengah atau Laut mediterania, Timur: Benua Asia, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, dan Selat Bosporus, sedangkan untuk bagian Barat: Samudra Atlantik.

 

Penduduk Benua Eropa

Rata – rata penduduk dari Benua Eropa berasal dari 5 suku bangsa antara lain :

 

Bangsa Nordik penduduknya memilki mata biru dengan rambut pirang. Seperti : para warga Jerman, Belanda, dan Semenanjung Skandinavia.

 

Bangsa Alpina penduduknya memilki mata cokelat dan berambut pirang. Seperti : para warga Perancis, Swiss, dan Belgia.

 

Bangsa Mediteran penduduknya memilki mata agak cokelat dan rambut hitamnya bergelombang, Seperti : para warga Bulgaria, Slovakia, dan Yugoslavia.

 

Bangsa Slavia penduduknya memilki mata abu-abu atau biru dan memiliki rambut pirang keputihan. Seperti : para warga Bulgaria, Slovakia, dan Yugoslavia.

 

Bangsa Diantara penduduknya memiliki rambut gelap, Seperti : para warga Rumania.

 

Negara – Negara Yang Ada Di Benua Eropa

Tentunya di Benua Eropa memilki banyak Negara antara lain meliputi :

 

Eropa Utara

Merupakan kawasan yang berbatasan langsung dengan Samudra Arktik atau Kutub Utara. Eropa utara banyak dihuni oleh bangsa Skandinavia yang terdiri dari : Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia dan Islandia.

 

Eropa Timur

Merupakan kawasan daratan yang berbatasan langsung dengan Benua Asia. Eropa Timur merupakan pecahan dari negara diantaranya Uni Soviet dan terdiri dari Rusia, Belarus, Estonia, Latvia, Ukraina, Lithuania dan Moldova.

 

Eropa Barat

Merupakan kawasan yang berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik. Antara lain Austria, Belanda, Inggris, Irlandia, Perancis, Belgia, Jerman, Swiss, Luxembrug, Monako dan Liechtenstein.

 

Eropa Selatan

Merupakan kawasan yang berbatasan langsung dengan Laut Mediterania dan Benua Afrika,

Diantaranya Yunani, Italia, Portugal, Spanyol, Vatikan, San Marino, Malta dan Andorra

 

Eropa Tengah

Merupakan kawasan yang dikelilingi oleh negara-negara Eropa di kawasan utara, timur, selatan, dan barat. Negara di Eropa Tengah antara lain : Albania, Bulgaria, Bosnia Herzegovina, Republik Ceko, Hongaria, Kroasia, Makedonia Utara, Montenegro, Rumania, Polandia, Slovakia, Slovenia dan Serbia.

 

 

Sumber : https://www.kompas.com/

                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar