Selasa, 17 Januari 2023

Belajar Tentang Benua Asia

 

Belajar Tentang Benua Asia – Benua Asia adalah sebuah wilayah dimana letaknya dari Samudra Hindia sampai Samudra Arktik dan dari Samudra Pasifik hingga Pegunungan Ural.

 


Luas

Ternyata Benua Asia merupakan benua paling besar di dunia, dimana luas dari Benua Asia tersebut mencapai 44.391.000 km2 yang terdiri dari perairan dan daratan. Daratan tersebut luasnya dari Afrika sampai Eurasia (Eropa – Asia) dan Terusan Suez, pegunungan Ural, dan pegunungan Kaukasus. Dan untuk area perairan terdiri dari tiga perairan antara lain Samudra Hindia, Pasifik dan Samudra Arktik.

 

Letak Astronomis Dan Geografis

Benua Asia memilki letak astronomis antara 26°BT-170°BT dan 11 LS-80°LS, sedangkan untuk letak geografisnya benua Asia diapit oleh tiga benua, yaitu Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Amerika, juga dibatasi oleh tiga samudra, yaitu Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Arktik. Dan Benua Asia tentunya memilki batas – batas untuk masing – masing wilayah antara lain untuk bagian Utara : Samudra Arktik, Selatan : Samudra Hindia dan Australia, Timur : Samudra Pasifik, Selat Bering dan laut Bering, sedangkan bagian Barat : Pegunungan Ural, laut Merah, Laut Kelapa, Selat Bosphorus dan Selat Dardanella.

 

Negara – Negara Yang Meliputi Di Benua Asia

Untuk Negara – Negara yang ada di Benua Asia terdiri dari 6 kawasan antara lain :

Asia Tenggara

Meliputi Negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Laos, Thailand, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, dan Timor Leste.

 

Asia Timur

Meliputi Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Tiongkok/China, dan Taiwan.

 

Asia Selatan

Meliputi Pakistan, Bangladesh, India, Nepal, Bhutan, Sri Lanka, dan Maladewa.

 

Asia Barat

Meliputi Lebanon, Arab Saudi, Bahrain, Afghanistan, Yordania, Yaman, Oman, Qatar, Irak, Suriah, Iran, Turki, Israel, Kuwait, Uni Emirat Arab, dan Siprus.

 

Asia Tengah

Meliputi Kazakhstan, Azerbaijan, Kyrgyzstan, Mongolia, Uzbekistan, Tajikistan, Armenia, dan Turkmenistan

 

Asia Utara

Negara yang termasuk kawasan Asia Utara adalah Rusia (wilayah pegunungan Ural).

 

Itulah sedikit informasi belajar tentang Benua Asia

 

 

Sumber : https://www.detik.com/

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar