Kamis, 05 Januari 2023

Pelajari Beberapa Penyebab Anemia

 

Pelajari Beberapa Penyebab Anemia – Anemia atau kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan orang yang terkena anemia terlihat pucat dan memiliki kondisi yang sangat lemah. Tidak hanya kekurangan sel darah merah saja namun jika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan anemia.

 


Kita mungkin sebelumnya mengira bahwa anemia penyebabnya hanya kekurangan zat besi saja, namun ternyata anemia bisa disebabkan karena banyak faktor dan jenis – jenis anemia juga tidak hanya satu jenis saja.

 

Berikut beberapa macam penyebab anemia yang perlu anda ketahui untuk menjaga kesehatan sel darah merah anda.

 

Anemia Kekurangan Zat Besi

Untuk anemia jenis ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita, dimana anemia ini tentu saja penyebabnya kita kekurangan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Dan anemia jenis ini kita dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi atau bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen zat besi. Namun dalam kasus yang parah bisa sampai pasien harus melakukan tranfusi darah.1

 

Karena Pendarahan

Anemia juga bisa disebabkan karena pendarahan sebuah penyakit seprti karena cedera, pendarahan pada lambung dan juga bisa karena gangguan menstruasi pada wanita. Untuk penanganannya maka harus dilakukan penghentianpendaraan dan dapat sekalian juga dilakukan tranfusi darah.

 

Masa Pada Ibu Hamil

Ternyata ibu hamil juga bisa terkena anemia, itu dikarenakan ibu hamil kekurangan hemoglobin dan pada ibu hamil itu adalah hal yang normal dialami. Untuk penangananya yaitu tentunya dokter memberikan vitamin B12, asam folat dan tentunya zat besi.

 

Akibat Suatu Penyakit Kronis

Penyakit kronis seperti HIV/AIDS, ginjal dan kanker dapat menimbulkan anemia karena pembentukan sel darah merah yang terganggu. Untuk penanganannya yaitu tentunya menyembuhkan penyakit yang menimbulkan anemia tersebut dan kemudian dilakukan tranfusi darah dan suntuk hormon eritropoietin untuk peningkatan sel darah merah.

 

Anemia Hemolitik

Hal ini terjadi karena penghancuran sel darah merah lebih cepat dari pada pembentukan seln darah merah tersaebut. Bisa juga karena keturunan dari orang tua, dari infeksi bakteri maupun virus. Selain mengobati pemicunya tentunya juga di berikan obat – obat sesuai dengan resep dokter seperti imunosupresan.

 

Dikarenakan Sel Sabit

Dimana jenis anemia ini dikarenakan oleh mutasi atau perubahan genetik pada hemoglobin dimana hemoglobin tersebut menjadi lengket dan tidak normal. Itu dikarenakan dari kedua orang tua yang juga mengalami perubahan genetik. Cara pengobatan untuk jenis anemia ini biasanya kemoterapi dan bahkan sampai dilakukan cangkok sumsum tulang.

 

Thalasemia

Disebabkanoleh mutasi gen yang dapat mempengaruhi hemoglobin dan kemudian pasien yang mengalami hal ini akan di berikan suplemen asam folat, tranfusi darah dan juga cangkok sumsum tulang.

 

Itulah beberapa penyebab terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah dan ternyata banyak sekali penyebab anemia tersebut maka dari itu jangan meremehkan anemia agar selalu mendapatkan penanganan dengan benar.

 

 

Sumber : https://www.alodokter.com/

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar