Sabtu, 07 Januari 2023

Ada Apa Dengan Malam Minggu

 

Ada Apa Dengan Malam Minggu – Sudah bukan rahasia lagi jika mendengar kata malam minggu pasti sudah tidak asing lagi bagi seluruh dunia terutama di Negara Indonesia. Malam minggu biasa digunakan untuk mereka entah berkumpul dengan keluarga, teman atau bahkan pasangan. Cara malem minggu masing – masing orang juga berbeda, ada yang digunakan untuk menonton film, nongkrong makan atau hanya sekedar mengobrol dan menonton hiburan.

 


Malam minggu karena memang hari minggunya adalah hari libur, walaupun memang tidak semua orang bekerja libur di hari minggu namun kebanyakan orang libur di hari minggu. Namun sejarah pada zaman dahulu setiap Negara memiliki hari libur yang berbeda beda seperti libur di hari jumat bagi Negara – Negara Jazirah Arab, sebagian wilayah Eropa serta Afrika. Sedangkan wilayah Amerika, Eropa bagian lainya seperti Belanda, Jerman dan Prancis libur di hari minggu. Begitu juga dengan Negara kita Indonesia yang kemudian menerapkan hari minggu sebagai hari libur nasional dimana pada saat itu tahun 1800 Indonesia jatuh ke kerajaan Belanda.

 

Namun untuk libur hari sabtu minggu dimulai tahun 1908 di Negara Amerika Serikat karena adanya penuntutan dari para buruh pabrik kapas yang memiliki agama Yahudi dikarenakan mereka akan melakukan ibadah di hari sabtu (sabt). Kemudian di tahun 1928 kebijakan tersebut diikuti oleh pabrik mobil Ford. Walaupun seperti itu pada masa tersebut beberapa pabrik yang lain belum mengikuti, tapi mereka menerapkan ada yang libur di hari sabru ada juga yang libur di hari minggu saja bahkan ada yang masih menerapkan berbeda beda hari libur secara bergiliran masing – masing karyawan.

 

Hingga pada 1938 pemerintah Amerika Serikat menerapkan Undang – Undang dimana karyawan memiliki maksimal jam kerja 40 jam per minggu dan menerapkan hari sabtu dan minggu adalah hari libur nasional. Hingga pada akhirnya mereka para karyawan perusahaan memanfaatkan malam sabtu dan minggu untuk bersantai, bersenang – senang dengan mendatangi tempat – tempat hiburan malam. Namun untuk anak – anak muda Amerika pada saat jumat malam atau malam sabtu digunakan untuk pacaran atau biasa disebut dengan Friday Night. Ternyata hal tersebut berakibat baik pada karyawan dimana karyawan saat bekerja kembali tambah meningkat. Hingga pada akshirnya sekitar tahun 1940 hingga 1960 negara – Negara lain mulai menerapkan hari libur sabtu dan minggu sebagi hari libur nasional.

 

Begitu juga dengan Negara Indonesia yang dimana sebelumnya mengadopsi dari Negara Belanda. Namun untuk di Negara Indonesia libur nasional sabtu dan minggu untuk pelajar dan pekerja. Sedangkan untuk kalangan BUMN dan swasta di serahkan ke masing – masing perusahaan.

 

Sedangkan untuk malam minggu mulai menjamur di sekitar tahun 1973 dimana hal itu terjadi karena semakin berkembangnya perekonomian di Negara Indonesia ini. Bahkan ditahun itu bukan hanya di perkotaan saja yang menjamur namun di desa – desa juga sudah menjamur tradisi malam minggu. Walaupun sebelumnya hal tersebut hanya di lakukan oleh wilayah perkotaan karena pada saat itu perekonomian belum merata.

 

Itulah sejarah Negara dalam menerapkan libur nasional sabtu minggu dan akhirnya muncul malam minggu yang kebanyakan dilakukan oleh kalangan anak – anak muda. Walaupun tak sedikit dilakukan oleh keluarga.

 

Sumber : https://borobudurnews.com/   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar