Selasa, 24 Januari 2023

Tentang Monumen Yogya Kembali

 

Tentang Monumen Yogya Kembali – Kalau kita pergi ke Yogyakarta, Monumen Yogya Kembali termasuk salah satu tempat yang wajib di kunjungi.

 


Monumen Yogya Kembali (Monjali) didirikan untuk memperingati peristiwa berfungsinya kembali Kota Yogyakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia yang direbut dari penjajah Belanda. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 29 Juni 1949. Gagasan untuk mendirikan museum ini adalah Bapak Kolonel Soegiarto dan pada tanggal 29 Juni 1985 Monumen ini mulai dibangun. Kemudian, tanggal 6 Juli 1989 Monjali diresmikan oleh Presiden Soeharto. Museum yang berbentuk menyerupai tumpeng ini di bangun di atas lahan seluas 49.920 m2, dengan ketinggian 31,8 meter.

 

Bangunan ini memiliki 3 lantai, lantai 1 berisi 4 ruang museum, lantai 2 berisi 10 diorama dan 40 relief, dan lantai 3 bernama Ruang Garba Graha. Koleksi Museum berjumlah 1.108, terdiri dari heraldika, miniatur, replika, kendaraan, senjata api, senjata tradisional, foto dokumentasi, alat perhubungan angkatan darat, alat kesehatan, inventaris, patung peraga, arsip, daftar nama pahlawan, relief, diorama, dan evokatif.

 

Museum 1

Di dalamnya berisi tentang sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia.

 

Museum 2

Berisi koleksi tentang perang Gerilya dengan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta

 

Museum 3

Berisi koleksi yang berhubungan dengan peristiwa Serangan Umum 1949

 

Museum 4

Berisi koleksi Yogyakarta sebagai Ibu Negara Republik Indonesia

 

Untuk Harga Tiket Sampai Saat Ini (25 Januari 2023)

Harga Tiket : Rp. 15.000,-

Pemesanan Lebih Dari 30 Tiket Disc 10%

Tiket Untuk Rombongan Anak TK, Yatim Piatu & Difabel Disc 50%

 

Buka : Hari Selasa - Hari Minggu

Tutup : Hari Senin

 

 

Sumber : https://monjali-jogja.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar