Senin, 23 Januari 2023

Perlu Diketahui Tentang Ginjal

 

Perlu Diketahui Tentang Ginjal - Ginjal adalah salah satu organ yang paling penting bagi kesehatan tubuh terutama pada manusia. Ginjal memilki dua bagian yaitu bagian kanan dan kiri, ginjal sendiri memilki 10 sampai 12 sentimeter. Ginjal memiliki fungsi antara lain sebagai penyaring berbagai zat sisa metabolisme serta racun, mengendalikan keseimbangan air, garam, tekanan darah, dan yang lain masih banyak lagi fungsinya. Maka dari itu tentu saja menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk dilakukan. Untuk menjaga kesehatan ginjal, simak fakta dan mitos mengenai kesehatan ginjal berikut ini agar kita tidak salah dalam mengartikan.

 


Fakta Tentang Ginjal

 

Kesehatan Ginjal Di Tentukan Oleh Warna Urine

Kesehatan pada Ginjal memang bisa ditentukan dengan warna, volume, dan lancar tidaknya urine yang keluar. Jika ginjal tidak sehat atau mengalami masalah, biasanya urine yang keluar akan berwarna keruh, berbusa, atau bahkan mungkin bisa jadi bercampur dengan darah. Jika sudah mengalami gejala ginjal tersebut maka segera lakukan pemeriksaan laboratorium untuk mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

 

Urine Laki – Laki Dan Perempuan Berbeda

Seperti kita ketahui bahwa ginjal merupakan organ penghasil urine yang mengandung limbah yang harus dikeluarkan dari tubuh. Dan urine laki – laki dan perempuan memilki perbedaan yaitu bahwa urine laki - laki mengandung testosteron metabolit, sedangkan untuk urine pada perempuan mengandung progesteron dan esterogen.

 

Kurang Minum Dapat Berpengaruh Pada Kesehatan Ginjal

Kurang mengonsumsi air minimal 1.5 - 2 liter per hari dapat mengganggu kesehatan ginjal dan itu adalah fakta. Air disini yang dimaksud adalah air putih bening atau air mineral bukan air yang memilki rasa – rasa. Dimana secara perlahan membuat kondisi ginjal makin lama semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Tetapi bila sudah lanjut usia, kebutuhan air menurun menjadi 1 – 1.5 liter per hari. Jadi jangan sampai kita lupa atau malah menyepelekan soal minum air putih atau mineral.

 

Masalah Ginjal Dapat Dipengaruhi Oleh Kelebihan Protein Dan Garam

Jika kita sekarang ini sering mengonsumsi makanan yang memiliki protein tingkat tinggi maka segeralah untuk menguranginya diamana jika kita kelebihan protein dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada ginjal kita. Begitu juga ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebihan dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan gagal ginjal.

 

Mitos Mengenai Ginjal

 

Masalah Ginjal Dapat Dirasakan Secara Fisik

Tidak ada gejala fisik untuk ginjal yang memiliki masalah. Namun untuk ginjal yang rusak dapat menimbulkan gejala saat pasien sudah mengalami penyakit ginjal lanjut atau tahap serius.

 

Sakit Pinggang Karena Terlalu Lama Duduk Faktor Gagal Ginjal

Sakit pinggang karena terlalu lama duduk bukanlah tanda sedang mengalami gagal ginjal, bisa saja sakit pinggang tersebut diakibatkan tulang belakang. Namun jika kemudian, akibat terlalu banyak duduk dan kurang minum air putih, bisa terbentuk batu ginjal yang juga dapat menyebabkan sakit pinggang.

 

Masalah Ginjal Hanya Menyerang Orang Tua

Tidak hanya pada orang tua saja, namun masalah pada ginjal bisa menyerang siapa saja. Bahkan, penyakit pada ginjal dapat menyerang seseorang di usia muda apabila ia adalah penderita diabetes mellitus tipe 1 dari mereka kecil, penderita kelainan pada ginjal, atau memiliki kebiasaan buruk terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman kemasan, serta vitamin C dengan dosis tinggi.

 

Dan itulah beberapa pengetahuan tentang masalah ginjal, sebaiknya kita lebih bijak lagi dalam menanggapi masalah penyakit ginjal ini agar kita tidak salah dalam menyikapinya dan selalu jaga kesehatan ginjal kita.

 

 

Sumber : https://www.emc.id/                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar