Selasa, 10 Januari 2023

Tiga Fungsi Dari Pita Suara

 Tiga Fungsi Dari Pita Suara – Pita suara sendiri untuk membuat suara saat berbicara. Pita suara terdiri dari lipatan jaringan otot pada tenggorokan dan setiap orang memiliki bentuk dan ukuran pita suara yang berbeda.

 


Hal itu tentu sangat penting apalagi untuk penyanyi atau preenter dan semua profesi yang menggunakan suara, jika suara mereka atau pita suara mereka rusak maka tentu saja akan mengganggu pekerjaan. Menjaga kesehatan pita suara juga sangat penting, karena jika kita tidak menjaga kesehatan pita suara dengan baik bisa jadi kita akan mengalami kelumpuhan pita suara dan harus menjalani operasi pita suara.

 

Fungsi Dari Pita Suara Pada Manusia Antara Lain

 

Menciptakan Suara

Fungsi yang pertama tentunya menciptakan suara, dimana ketika kita sedang bersuara otot – otot kotak suara atau laring menyatukan jaringan pita suara dan getaran. Dan kemudian akan menghasilkan suara dengan masing – masing orang yang berbeda.

 

Memberikan Udara Ke Paru – Paru

Fungsi pita suara yang kedua adalah memberikan udara ke paru – paru, dimana disaat kita bernapas sepasang otot merentangkan pita suara sehingga udara mudah masuk ke paru – paru.

 

Mencegah Terjadinya Tersedak

Ternyata pita suara memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya tersedak yang berhubungan dengan epiglottis. Epiglottis sendiri berupa lipatan tulang rawan berbentuk daun yang berada di belakang lidah dan atas kotak suara. Ketika kita bernapas, epiglottis akan terbuka sehingga udara bisa masuk ke bagian laring dan kemudian ke paru – paru. Pada kondisi seperti ini, pada bagian ini akan tertutup ketika kita makan dan minum untuk mencegah terjadinya tersedak.

 

Dan fungsi dari pita suara tersebut bisa saja mengalami kerusakan apabila kita tidak bisa menjaga kesehatan pita suara.

 

 

Sumber : https://hellosehat.com/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar