Selasa, 10 Januari 2023

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Pita Suara

 

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Pita Suara - Fungsi dari pita suara tersebut dapat rusak atau tidak berfungsi ketika kita tidak menjaga kesehatan pita suara tersebut. Penyebab dari pita suara yang rusak adalah ketika kita merokok, bernyanyi atau berteriak secara berlebihan hingga karena kita menghirup zat iritan.

 


Dan tentu saja untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan yang menyebabkan pita suara rusak tentunya kita dapat melakukan hal – hal berikut ini

 

Berhenti Merokok Dan Hindari Asap Rokok

Ketika sedang merokok, kita tentunya menghirup zat – zat yang berbahaya seperti nikotin dan sebagainya yang ada didalam rokok. Sehingga dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan ada pita suara. Bukan hanya yang merokok saja, namun perokok pasif atau yang menghirup asap rokok bisa juga terkena akibatnya.

 

Menghindari Miniman Yang Mengandung Alkohol Dan Kafein

Minuman yang mengandung alkohol dan kafein juga bisa membuat pita suara kita menjadi rusak, itu dikarenakan kandungan dalam minuman tersebut dapat membebani pita suara. Bahkan alkohol bisa juga dapat mengiritasi selaput lendir yang ada untuk melapisi tenggorokan.

 

Mengurangi Intonasi Nada Berbicara

Saat kita berteriak atau berbicara yang terlalu berlebihan atau meninggikan suara dapat juga membuat pita suara kita menjadi rusak. Maka kurangi berbicara, berteriak dan bernyanyi secara berlebihan. Namun jika memang akan bernyanyi atau melakukan teriakan usahakan untuk pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukannya.

 

Perbanyak Minum Air Putih

Dengan minum air putih yang banyak juga dapat menyehatkan pita suara kita, oleh karena itu rutinlah untuk minum air putih. Bukan hanya untuk kesehatan pita suara kita saja namun juga menjaga kesehatan keseluruhan dari tubuh kita.

 

Jika kita mengalami gejala – gejala kerusakan pada pita suara kita segeralah datang ke dokter spesialin THT untuk mencegah terjadinya hal – hal yang tidak di inginkan.

 

 

 

Sumber : https://hellosehat.com/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar