Kamis, 13 Oktober 2016

Penemu Keju dan Sejarahnya

Keju adalah sebuah makanan yang terbuat dari susu hewan melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini memerlukan bakteri yang disebut rennet yang kemudian akan diproses diawetkan dan sebagainya. Hewan yang biasanya diambil susunya yaitu sapi, kambing, unta, kerbau atau bahkan menggunakan susu hewan kuda. Keju memiliki hampir semua zat yang terkandung di dalam susu seperti protein,vitamin,mineral,fosfor dan kalsium.

Penemu Keju
Keju pertama kali dikenal di daerah Timur Tengah. Meskipun belum jelas di mana pertama kalinya keju di temukan, namun menurut sejarah keju ditemukan secara tidak sengaja oleh bangsa Arab. Menurut sejarah bangsa Arab, pada zaman dahulu ada seorang pengembara yang berkuda sambil membawa susu. Namun setelah beberapa jam ternyata susu sudah terpisah menjadi gumpalan - gumpalan putih dan cairan warna pucat. Diperkirakan pembuatan keju adalah antara 8000 SM sampai 300 SM. Namun menurut bangsa Yunani dan Romawi kuno, penemu keju pertama kali adalah Aristaeus dan Cyclops mengatakan bahwa zaman dahulu orang Yunani kuno sering menyimpan susu domba dan kambing.

Bangsa Romawi dikenal sebagai bangsa yang pertama kali mengembangkan berbagai keju jenis keju yang kita kenal sekarang dengan proses penyimpanan yang berbeda. Kemudian bangsa Romawi menyebarkan cara pembuatan keju kepada bangsa Eropa. Setelah jatuhnya kekaisaran Romawi, teknik pembuatan keju semakin banyak dan bervariasi. Negara Perancis dan Italy masing - masing saat ini memiliki 400 jenis keju, namun kemajuan seni pembuatan keju menurun setelah kemunduran kekaisaran Romawi. 

Pabrik yang pertama kali memproduksi keju berada di negara Swiss pada tahun 1815, namun negara Amerika Serikat juga menjadi negara pertama kali yang memproduksi keju dalam skala besar. Pada mulai perang dunia II keju yang dibuat pabrik semakin sukses sehingga mengalahkan keju yang dibuat secara tradisional.

Banyak jenis keju yang sudah dikenal pada masa pertengahan dan setelahnya misalnya :
1. Keju Gorgonzola 879 M
2. Keju Roquefort 1070 M
3. Keju Grana 1200 M
4. Keju Cheddar pada 1500 M,
5. Keju Parmesan pada 1597 M
6. Keju Gouda pada 1697 M
7. Keju Camembert pada 1791 M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar