Rabu, 17 Mei 2017

Persiapan Mendaki Gunung Bagi Pemula

Pada saat sekarang ini, mendaki gunung sudah bukan hanya dilakukan oleh para MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) saja. Namun sudah menjadi salah satu kegiatan wisata untuk menikmati keindahan alam gunung, yang sekarang sudah dilakukan oleh banyak kalangan terutama muda - mudi. Ada banyak pendaki yang sudah berpengalaman maupun yang masih baru dan ingin mencobanya untuk dijadikan sebagai hobi baru. Namun perlu diketahui kita sebagai pendaki, apalagi yang masih baru dan belum pernah mendaki gunung ada hal hal yang harus menjadi catatan penting bagi pemula saat mendaki atau bahkan persiapan sebelum mendaki yang harus di perhatikan. Dan berikut beberapa hal hal yang harus anda ketahui saat akan mendaki gunung bagi pemula.

1. Persiapan Fisik
Sebelum anda mendaki disarankan untuk satu minggu sebelum mendaki anda harus melatih otot dan keseimbangan dengan lari lari dan senam sederhana di pagi atau sore hari. Itu berguna agar saat anda mendaki otot - otot tubuh anda tidak kaget, karena saat mendaki dibutuhkan banyak tenaga yang harus dikeluarkan. Selain itu anda juga harus menjaga tidur anda supaya cukup serta kalau diperlukan anda mengkonsumsi vitamin.

2. Konsultasi Dengan Dokter
Pastikan saat anda akan mendaki gunung anda tidak mempunyai riwayat penyakit yang serius, seperti jantung dll. Maka dari itu anda harus mengecek kesehatan anda dengan dokter dan berkonsultasi dengan dokter apakah fisik anda termasuk kuat dan aman apabila anda mendaki, hal itu sangat penting dilakukan apalagi kalau kita tidak mengetahui riwayat penyakit yang di derita.

3. Teman Yang Sudah Berpengalaman
Pada saat anda mendaki gunung, pastikan anda mendaki gunung dengan orang yang sudah berpengalaman dan mengetahui area atau jalan yang harus dilalui. Jangan anda mencoba - coba untuk mendaki gunung dengan orang yang sama - sama pemula, karena itu beresiko.

4. Yang Harus Di Bawa
Selain perlengkapan yang umum bagi pendaki gunung, seperti tenda dll jika anda akan bermalam. Konsumsi yang cukup juga sangat penting dibawa untuk bekal anda mendaki gunung, beberapa kasus pernah di alami oleh para pendaki kelaparan karena kehabisan konsumsi. Karena saat mendaki gunung mengeluarkan banyak tenaga, maka dari itu konsumsi yang harus dibawa juga harus mencukupi misalnya air putih dua botol berisi 1,5 liter, roti, nasi, mie instant, kopi atau sejenisnya dan juga coklat yang digunakan untuk menambahkan energi pada tubuh anda.
Selain konsumsi dan peralatan lainnya, anda juga harus membawa obat - obatan sederhana misalnya obat merah dan minyak angin.

5. Taat Peraturan
Pada saat anda mendaki gunung anda harus mentaati peraturan dan larangan yang dibuat oleh petugas gunung setempat dan juga jangan lupa untuk mendaftarkan data diri anda kepada petugas.

6. Dilarang Membuang Sampah Sembarangan
Kita sebagai seorang yang cinta alam tidak ingin gunung menjadi kotor oleh sampah, maka dari itu anda harus memasukkan sampah makanan atau minuman anda ke dalam tas dan dibuang di tempat sampah pada saat anda selesai mendaki nantinya.

7. Tidak Mengeluh dan Berkata Yang Tidak Baik
Saat anda mendaki dalam keadaan apapun jangan pernah sekali - kali anda mengeluh atau bahkan mengeluarkan kata - kata kotor. Mengeluh dan berkata kotor akan mempengaruhi mental dan fisik anda, dan alangkah baiknya anda menyemangati diri sendiri untuk kuat, ceria dan sabar.

8. Berhentilah Sejenak Jika Anda Merasa Lelah
Sebagai seorang pendaki pemula, anda tidak perlu malu mengatakan dan meminta untuk berhenti sejenak dan beristirahat. Karena kemampuan pemula dan yang sudah terbiasa mendaki itu berbeda, jadi jangan ragu dan malu.

9. Jangan Egois
Jika saat anda merasa masih sanggup berjalan namun teman anda sudah ingin istirahat, jangan sampai anda meninggalkan teman anda , anda harus menunggu dan menyemangati teman anda dan jangan sampai terpisah dengan rombongan. Karena mendaki dibutuhkan ke kompakan yang solid.

Jangan lupa saat anda akan mendaki berdoalah terlebih dahulu dan meminta izin kepada kedua orang tua maupun keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar