Senin, 24 Juli 2017

Fakta Mengejutkan Tentang Ayam Jago

     Ayam adalah hewan yang memiliki dua kaki, dan berkembang biak dengan cara bertelur atau disebut dengan ovipar. Banyak sekali jenis ayam yang ada di seluruh dunia ini, dan masing - masing jenis ayam memiliki hal yang unik entah pada bagian warna pada tubuhnya atau bahkan suara kokokannya. Namun yang akan kita bahas masalah ayam jago atau ayam jantan dari kalangan jenis bangkok, yang sering kita jumpai pada masyarakat Indonesia ini.

     Bagi banyak orang tidak asing lagi dengan ayam yang satu ini, khususnya yang tinggal di daerah pedesaan namun tidak bisa dipungkiri bagi masyarakat perkotaan juga banyak yang memelihara ayam jago. Karena setiap pagi sebelum kita bangun ada suara kokokan ayam yang membangunkan kita, masyarakat pedesaan rata - rata memelihara ayam dan salah satunya ayam jago. Dan beberapa orang memanfaatkan ayam jago sebagai ajang judi bertarung antar ayam dan juga sering digunakan untuk kontes. Selain di balik kokokannya di pagi hari, ayam jago juga memiliki keunikan sendiri yang mungkin dari kita belum banyak mengetahuinya di antaranya adalah sebagai berikut :

1.  Berkokok Setiap Menerima Rangsangan Cahaya
Banyak orang yang berfikir bahwa ayam jago hanya berkokok setiap pagi hari karena dapat mendeteksi waktu, padahal nyatanya ayam berkokok bisa mengeluarkan suaranya tersebut kapan saja. Itu disebabkan karena ayam jago memiliki kepekaan terhadap cahaya, bukan hanya dari cahaya matahari saja. Sebuah penelitian pernah melakukan tentang ayam jago yang di pancari sinar lampu mobil, dan ayam tersebut langsung berkokok.

2. Menemukan Makanan 
Ayam jago juga dapat mencari dan menemukan makanannya sendiri, bahkan setelah menemukan makanan ayam jago akan memberitahukan dengan ayam lain dan mengeluarkan suara "tok..tok..tok..tok" dan menurut dari berbagai sumber bahwa suara tersebut mengartikan agar ayam lain untuk mengambil makanan.

3. Dapat Lari Dengan Cepat
Ketika kita ingin menangkap ayam jago, pasti akan mengalami kesulitan saat menangkap dan mengejar ayam tersebut. Ayam jago juga mempunyai kaki yang sangat kuat, begitu juga dengan cakarnya. Sehingga kenapa beberapa orang melakukan pertandingan antar ayam jago untuk membuktikan ayam jago milik siapa yang lebih kuat.
    

1 komentar: