Rabu, 27 September 2017

Perbedaan Antara Orde Lama Dan Orde Baru

Perlu kita ketahui bahwa negara kita Indonesia ini pernah mengalami perubahan orde, yaitu orde lama dan orde baru dan kedua periode tersebut tentunya memiliki perbedaan - perbedaan kepemimpinan dan juga peristiwa. Namun sebelum kita mengetahui perbedaan dari orde lama dan orde baru tentunya kita perlu tahu apa artinya orde baru dan orde lama.

Orde Lama
Pada masa orde lama yang di pimpin oleh presiden pertama kali negara republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno dari tahun 1945 sampai 1965. Istilah orde lama baru disebut seyelah masa Soekarno selesai yaitu pada masa Soeharto yaitu pada masa orde baru.

Orde Baru
Orde baru tersebut di mana pemerintahan Indonesia di pimpin oleh Soeharto yang tentunya menggantikan pemerintah Soekarno. Soeharto sendiri memimpin Indonesia pada tahun 1966 sampai dengan tahun 1998.

Dari kedua masa pemerintahan tersebut terdapat beberapa perbedaan antara lain :

1. Bidang Ekonomi
Perbedaan yang pertama adalah di bidang ekonomi. Pada masa orde lama sistem ekonomi menganut sistem terrutup orientasi sosialis atau komunis, sedangkan orde baru memiliki kebijakan terbuka yang berorientasi pada kapitalis.

2. Bidang Politik
Perbedaan yang kedua yaitu dalam bidang politik. Pada masa orde lama dimana pada masa itu Indonesia sedang dalam kondisi kemerdekaan dan pastinya memiliki nasionalis yang tinggi sehingga bangsa Indonesia ingin terlihat di mata negara - negara lain dengan di bangunnya proyek mercusuar yang banyak. Sedangkan pada masa orde baru lebih mementingkan pertumbuhan ekonomi dengan cara membuka ruang bagi warga negara lain untuk menanam modal di Indonesia.

3. Dalam Stabilitas Politik dan Ekonomi
Pada masa orde lama, inflasi memiliki tingkat yang tinggi. Namun pada masa orde baru tingkat inflasi yang semula tinggi menjadi menurun, yang sebelumnya pada tahun 1966 mencapai 500% namun pada masa orde baru pada tahun 1970 menurun hingga 5 sampai 10%.

4. Dalam Sumber Daya Manusia (SDM)
Pada masa orde lama tingkat sumber daya manusia berkualitas namun jumlahnya sedikit. Sedangkan pada masa orde baru, lebih mengutamakan masyarakat yang berpendidikan.

5. Bidang Sosial Budaya
Yang terakhir yaitu di bidang sosial dan budaya. Pada masa orde lama yang masih mengalami masa transisi dari yang sebelumnya terjajah dan menjadi merdeka. Sedangkan pada masa orde baru memiliki kebebasan untuk berdemokrasi seperti berbicara mengutarakan pendapat dan lain sebagainya, namun masih ada sikap berseteru antar suku, agama dan ras.

Tentunya masing-masing pemimpin memiliki prinsip dan ketentuan cara bagaimana mengatur negara republik Indonesia, namun harus juga di dukung dengan sumber daya manusia yang saling mendukung pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar