Selasa, 10 Oktober 2017

Asal Mula Sendok dan Garpu

Sendok adalah alat yang umum di gunakan oleh orang-orang sejak jaman dahulu kala, yaitu sekitar jaman Paleolitikum. Pada jaman itu mereka sudah menggunakan sendok untuk mengambil makanan saat akan memasukkan kedalam mulut, terutama makanan yang memiliki kuah. Namun bahan dari sendok pada jaman dahulu tentu berbeda dengan bahan yang kita gunakan saat ini. Pada saat itu mereka menggunakan sendok yang terbuat dari kulit kerang, kayu atau juga dari daun.

Bahkan bahan untuk membuat sendok semakin berkembang dan semakin berubah bentuknya dari jaman dahulu. Hingga sendok bukan hanya terbuat dari kulut kerang dan kayu namun juga dari emas, perak dan logam besi. Bentuk dari sendok pada jaman dahulu tidak seperti sekarang ini, dulu sendok memiliki bentuk yang tidak lazim. Dan bangsa yang pertama membuat sendok yang seperti ini adalah dari kalangan bangsa Romawi.

Selain sendok yang berbentuk mellengkung kebawah seperti mangkuk, kuta juga sering menggunakan pasangannya yaitu garpu. Garpu sendiri muncul setelah sendok muncul, namun dalam sejarahnya diduga garpu sudah ada pertama kali di Timur Tengah. Pada jaman tersebut, garpu biasanya hanya di gunakan oleh kerajaan yang ada di Timur Tengah tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, garpu mulai masuk ke negara-negara lain seperti Italia dan Perancis. Mereka menggunakan garpu untuk memotong makanan yang berupa daging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar