Senin, 09 Oktober 2017

Perjalanan Sang Penemu Headset

Tentunya banyak dikalangan kita sering menggunakan headset, headset digunakan untuk mendengarkan dan juga sebagai gabungan dari headphone. Headset digunakan sebagai media untuk mendengarkan suara agar lebih jelas di terima oleh telinga seperti mendengarkan musik, begitu juga dapat digunakan untuk media komunikasi. Yang harus di hubungkan dengan perangkat seperti Handphone maupun komputer.

Perlu di ketahui kita sebagai pengguna, penemu dari Headset adalah Nathaniel Baldwin pada sekitar tahun 1910. Sedangkan dia sendiri lahir pada tanggal 1 Desember 1878 di Utah,Amerika Serikat dan meninggal pada 19 Januari 1961. Kehidupan keluarganya bukan dari keturunan yang kaya dan mampu, namun dia memiliki jiwa yang kreatif  termasuk merakit sepedanya dan mesin uap. Bahkan saat menempuh pendidikan dia di Brigham Young Academy harus menempuh perjanannya dengan berjalan kaki sejauh 120 mil. Kemudian dia melanjutkan pendidikannya di Satnford University dan lulus dengan mendapatkan gelar di bidang mesin. Setelah lulus dari universitas tersebut, kemudian dia kembali di sekolahnya dulu yaitu di Brigham Young Academy sebagai tenaga pengajar bidang ilmu fisika dan teologi. Namun kemudian dia kembali ke tanah kelahirannya di Utah,Amerika Serikat. Dan bekerja menjadi tukang listrik serta operator kompresor udara.

Pada saat itu dia sadar bahwa tidak dapat mendengar suara dari spiker yang ada di gereja. Ide kreatifnya kemudian muncul dan berusaha menciptakan sesuatu yang dapat membantunya dan orang lain. Dengan cara mengalirkan suara menggunakan ampli suara yang di kompres, kemudian dikembangkan agar suara dapat diterima dengan lebih baik dan jelas. Seperti yang terjadi pada penemu-penemu yang lain, yaitu penemuannya tidak langsung populer dan di hargai. Bahkan dia tidak ada fikiran untuk mempublikasikan penemuannya tersebut. Dan menurut beberapa situs mengatakan bahwa headset mulai jaya pada Perang Dunia 1, pada saat itu tentara Angkatan Laut Amerika Serikat mengetahui tentang penemuan headset dan kemudian diproduksi sebanyak 100 buah tentunya untuk keperluan perang. Hingga pada akhirnya semakin populer ke masyarakat luas hingga pada akhirnya tahu fungsi dari headset tersebut. Bahkan pada tahun sekitar 1961 mulai digunakan oleh didunia penerbangan yang dipakai kokpit, serta pilot mengatakan bahwa menggunakan headset lebih nyaman digunakan. Hingga mulai semakin berkembang, headset mulai tahun 1970 digunakan sebagai salah satu aksesoris telepon. Dan semakin kesini headset mulai semakin berbariasi modelnya bahkan sekarang ada yang menghubungkan tanpa menggunakan kabel namun menggunakan bluetooth.

Dengan hasil dari penemuannya tersebut, kita semakin mudah untuk mendengarkan suara yang lebih jelas tanpa mengganggu telinga orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar