Kamis, 05 Oktober 2017

Konsumsi Selada Baik Untuk Tubuh

Selada adalah jenis sayuran yang dominan daun yang kemudian langsung ke akar. Biasanya selada dapat di temui di daerah-daerah dengan iklim dingin, namun dapat juga tumbuh di iklim yang sedang. Yang terpenting jika kita menanam sayuran harus selalu atau sering di siram deng air walaupun secara berkala. Jika kebutuhan air dalam tumbuhan sayuran cukup, maka sayuran akan tumbuh subur. Saat ini banyak sekali penduduk desa menanam selada di polibag-polibag dan di tanam disekitar atau depan rumah mereka sebagai kebituhan sehari-hari ketika di inginkan tinggal memetik.

Selada biasanya ditambahkan di makanan barat seperti burger. Namun masakan-masakan Indonesia seperti salad solo nemakai selada, dan juga sekarang selada juga sebagai garnish-garnish masakan. Selada memiliki beberapa senyawa yang baik untuk tubuh antara lain: mangan, mineral,seng, zat besi, fosfor dan kalsium. Walaupun hanya digunakan sebagai pelengkap dan lalapan, selada ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita antara lain :

1. Mencegah Anemia
Anemia atau kekurangan sel darah merah juga menjadi masalah besar bagi banyak orang. Selada memiliki zat besi, sehingga cocok uKntuk penamnah darah bagi penderita anemia.

2. Mencegah Insomnia
Pentakit Insomnia atau susah tidur di malam hari juga sering di alami oleh sebagian dari kita. Senyawa yang ada di selada yaitu lactucarium yang akan membuat tubuh anda lebih tenang sehingga mudah untuk tidur.

3. Mencegah Diabetes
Kandungan kalori yang rendah di dalam selada dapat mengontrol gula darah dalam tubuh.

4. Menetralisir Racun
Senyawa mineral yang ada di dalam selada dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

5. Mencegah Sariawan dan Menjaga Daya Tahan Tubuh
Selada juga mengandung vitamin c yang cukup untuk kebutuhan vitamin c dalam tubuh. Seperti kita tahu, bahwa sariawan diakibatkan karena tubuh kita kurang vitamin C begitu juga sistem kekebalan tubuh kita. Sehingga dapat di atasi dengan konsumsi selada dengan rutin dapat mencegah sariawan dan menjaga daya tahan tubuh kita agar tidak mudah sakit.

Ada baiknya konsumsi lada dalam keadaan mentah namun sudah di cuci terlebih dahulu. Atau jika ingin di masak tidak terlalu matang atau cukup setengah matang. Seperti kita ketahui bahwa memasak sayuran tidak boleh terlalu matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar