Senin, 09 Oktober 2017

Penemu Bilangan Nol dan Algoritma

Tentu kita tahu bilangan nol (0), dan juga sebagian orang pasti tahu tentang Agoritma terutama yang menyukai matematika. Namun apakah kita pernah berfikir siapakah yang menemukan hal tersebut?

Abu Abdullah Muhammad bin Musa atau sering di sebut Al-Khawarismi sebagai penemu angka nol dan algoritma. Beliau lahir di sekitar tahun sebelum 800 M dan kemudian meninggal pada tahun 847 M. Dia juga sering disebut sebagai ahli matematika oleh sebagian kalangan. Sering disebut Khawarismi karena dia lahir di daerah yang bernama Khawarism yang ada di laut timur kaspia.

Dalam ilmu matematika, algoritma adalah sebagai prosesur baku dalam menghitung. Algoritm sendiri berasal dari kata penemu tersebut yaitu Al Klawarismi dan kemudian dalam bahasa latin dari argorismi, algoritm dan akhirnya menjadi algoritm atau algoritma. Sebenarnya beliau tidak hanya ahli atau menemukan angka 0, aljabar dan algoritma saja, namun lain hal itu dia juga ahli dalam berbagai bidang.

Walaupun belum ada sumber yang pasti tentang bagaimana dia menemukan angka Nol dan algoritma, tapi beliau dipercaya sebagai penemu dan ahli matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar