Jumat, 06 Oktober 2017

Sang Penemu Televisi

Di Jaman yang semakin maju ini sepertinya tidak asing lagi dengan benda yang namanya televisi ini. Masyarakat sudah terbiasa dengan menggunakan televisi sebagai salah satu media tempat mendapatkan hiburran maupun berita. Dan perkembabgan televisi pun semakin maju, nulai dari sekarang televisinya semakin ramping dan kecil atau bahkan beberapa merel Handphone menambahkan fitur televisi di dalamnya. Namun apakah dari kita sudah pernah mengetahui dan bertanya-tanya siapakah penemu televisi dan kapan di tenukan pertama kali. Televisi pertama kali ditemukan pada oleh Jhon Logie Baird yang lahir di Skotlandia pada tanggal 13 Agustus 1888. Dia menempuh pendidikan di Technical College Royal dan Universitas Glasgow. Kehidupan beliau sangat tidak mulus, hambatan-hambatan yang banyak dia lalui. Kesehatan tubuhnya yang membuat dia tidak ikut dalam perang dunia I, sehingga dia lebih fokus pada kelistrikan. Setelah ada penemuan gelombang radio, maka dia yakin bahwa dapat membuat gelombang yang sistemnya visual atau gambar.

Beliau mulai membuat design yang dinamai dengan Nipkow disk, sedangkan disk scanning sudah di ciptakan oleh Paul Nipkow pada tahun 1884. Saat Nipkow disk di gabungkan dengan photoelectriccell dapat memindai area terang maupun gelap dan kemudian mengkonversi menjadi sinyal listrik, selain itu dapat menterjemahkan dari signal menjadi gambar visual primitif. Dengan mengambil beberapa dari Paul, dia mulai mengembangkan yang mans signal dapat dikirim melalui gelombang elektronsgnetik dan bukan lagi menggunakan kabel. Ditengah perjalanannya dia mengalami kendala, karena beberapa investor menganggap penemuanya tersebut sebagai hal yang kurang menguntungkan dan tidak menjanjikan. Dan kemudian, ketika dia berumur 35 tahun hidupnya semakin kekurangan  hingga akhirnya dia mulai berubah profesi menjadi penjual sepatu dan juga sebagai salesmen silet. Dan hasil jualan tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli makan, membayar tempat tinggal serta beberapa alat mekanik. Hingga pada tahun 1923 dia kembali bangkit dan mulai memutar otak untuk melanjutkan penemuannya mesin untuk mentransmisi gambar dan suara melalui radio. Dan pada akhirnya dia berhasil mengirim citra kasar ke pesawat penerima yang berjarak neberapa meter tanpa menggunakan kabel dan hanya melewati transmiter. Kemudian dia meminta seorang pemuda untuk menjadi orang pertama yang mencoba gambarnya di tranmisikan ke dalam televisi. Dan pada akhirnya, dia langsung terkenal hanya dalam hampir semalam dan mulai para investor datang untuk mendukung dan memberikan cukup uang untuk mengembangkan televisi tersebut.

Tepatnya pada tahun 1927 dia mulai mengirimkan sinyal dari London ke Glasgow dan pada tahun 1928 dari London ke New York. Tepat saat itulah dia John Logie Baird di catat sebagai seorang yang menemukan televisi. Dia kemudian terus berusaha mengembangkan televisi yang berwarna dan besar layar proyeksi, sehingga dapat memungkinkan untuk dapat dilihat secara luas oleh semua orang. Dan hingga akhirnya dia meninggal pada umur 57 tahun di Bexhill on sea,East Sussex,Inggris pada tanggal 14 Juni tahun 1946.

Dan semoga menjadi amalan dia di alam sana karena telah menemukan televisi hingga akhirnya sampai saat ini terus dikembangkan oleh para ahli-ajli eketronik dan dapat menjadi salah satu media untuk memberitakan sesuatu secara lebih luas.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar