Selasa, 27 Februari 2018

Hebatnya Air Susu Ibu

Tentu sudah tidak diragukan lagi tentang ASI atau air susu ibu,  yang di berikan oleh seorang ibu kepada anaknya dan disarankan ibu untuk memberi ASI hingga anaknya berusia 2 tahun. Tentunya bukan tanpa alasan kenapa pemerintah menganjurkan untuk hal itu,  dikarenakan ASI memiliki kelebihan yang sangat bermanfaat bagi bayi dari pada susu formula yang dijual di toko-toko kebanyakan. Dua tahun atau 1000 hari adalah masa di mana bayi memiliki masa emas pada waktu 2 tahun tersebut, dan masa itu mempengaruhi anak sehat atau cerdas saat dewasa nanti. Dan 1000 hari tersebut bayi harus terpenuhi gizinya secara keseluruhan, namun sayangnya masih ada beberapa ibu yang mengabaikan hal tersebut dan menghentikannya memberikan ASI setelah anak usia di bawah 2 tahun dan memilih untuk menggantinya dengan susu formula.
Padahal jika para ibu lebih sadar dan mengetahui kehebatan dari ASI yang sebenarnya berguna bagi bayi maupun bagi ibu sendiri,  maka para ibu mungkin akan merubah kebiasaan tersebut dan kelebihan ASI dibandingkan dengan susu formula antara lain :

1. ASI lebih hemat dan ekonomis,  karena ASI tentunya dihasilkan dari seorang ibu dan               tentunya seorang ibu juga harus mengkonsumsi makanan yang begizi.
2. Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh terhadap virus lebih kuat,  sehingga terhindar dari       segala penyakit seperti diare.
3. Pertumbuhan sel otak,  sehingga bayi nantinya lebih cerdas dikarenakan dalam ASI                 mengandung zat Taurin yang biasa ada pada susu sapi.
4. Kedekatan antara Ibu dan bayi lebih erat dan terikat.
5. Gizi yang terkandung didalam ASI sangat banyak untuk mencukupi kebutuhan bayi utu           sendiri.
6. Manfaat untuk sang Ibu adalah jika pemberian ASI secara rutin maka akan terhindar dari       resiko penyakit kanker payudara.
7. Mengurangi resiko terjadinya kematian mendadak pada bayi.

Untuk itu catatan besar untuk para calon Ibu untuk lebih di perhatikan,  agar generasi penerus bangsa semakin cerdas dan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar