Rabu, 28 Februari 2018

Sehat Dengan Susu Kambing Etawa

Susu memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita,  yang biasa kita kenal adalah susu sapi. Namun ternyata ada juga susu kambing etawa. Kambing etawa adalah kambing yang didatangkan dari negara India,  kambing tersebut juga disebut kambing jamnapari. Tinggi kambing kelamin jantan antara 90cm sampai 127cm sedangkan yang betina hanya sampai 92cm. Berat kambing etawa jantan mencapai 91kg dan yang betina mencapai 63kg, dan kambing ini bisa menghasilkan 3 liter air susu per hari. Namun di Indonesia banyak sekali perkawinan silang antara kambing etawa dan kambing lokal yang biasa disebut hibrida atau peranakan etawa.
Sumber: wikipedia.org

Dan susu dari kambing etawa tersebut memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi tubuh,  bahkan di beberapa artikel ada yang mengatakan nutrisinya hampir mirip dengan ASI, tapi tetap ASI tidak ada tandingannya. Kandungan senyawa baik yang ada di dalam susu kambing etawa antara lain vitamin, mineral, protein,  fluorine dan enzim. Dan manfaat dari susu kambing etawa tersebut antara lain :

1. Mencegah Anemia
    Penderita anemia atau kekurangan sel darah merah membutuhkan zat besi dan vitan B12 dan didalam susu kambing etawa sudah mengandung vitamin yang dibutuhkan tersebut.

2. Kesehatan Tulang dan Gigi
    Susu kambing etawa sudah tidak duragukan lagi tentang kalsium dan mineral yang ada didalam susu tersebut yang tentunya dapat menyehatkan tulang dan gigi kita.

3. Asam Lambung
    Penyakit asam lambung yang tentunya menyerang pada lambung rasanya sangat perih,  karena susu kambing etawa mengandung cukup magnesium,  jadi susu tersersebut aman dan cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

4. Menghambat Pertumbuhan Tumor
    Pada susu kambing etawa terdapat zat yang bernama zincum yang dapat menghambat pertumbuhan tumor pada tubuh.

Dan ternyata susu kambing etawa yang sering kita hanya pandang sebelah mata,  memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar