Rabu, 28 Februari 2018

Semua Tentang Menara Pisa

Menara Pisa,  tentunya sudah tidak asing ditelinga kita ketika kita mendengar menara pisa tersebut,  karena menara tersebut salah satu keajaiban warisan dunia yang dilindungi.  Menara tersebut berada di Pisa negara Italia, dan letaknya di belakang katedral. Dan sebenarnya tujuan awal pembangungan menara pisa tidak miring dan agar berdiri secara vertikal seperti pada menara jam umumnya. Namun pada pembangunannya miring pada 9 Agustus tahun 1173.

Tinggi dari menara tersebut 55,86 meter dari permukaan tanah terendah dan lebar dinding bawah 4,09 m dan dipuncak 2,48m. Berat dari menara pisa tersebut kira-kira 14.500 ton dan juga memiliki 294 anak tangga.

Pembangunan menara tersebut terbagi dalam tiga tahap selama 200 tahun, pembangunan lantai pertama menggunakan marmer putih dan dikelilingi oleh pilar dwngan huruf klasik yang dilakukan pada tanggal 9 Agustus 1173 dimana pada saat itu merupakan kejayaan militer dan kesejahteraan. Menara pisa seharusnya di bangun dengan lurus dengan tinggi 55m,  namun karena menara pisa dibangun diatas tanah yang tidak stabil mengakibatkan menara pisa tersebut menjadi miring.

Untuk arsitek dari menara terebut sebenarnya masih menjadi perdebatan, sehingga beberapa tahun arsitek diberikan kepada seorang seniman lokal yang terkenal pada jamannya. Seniman tersebut yaitu Bonanno Pisano,  beliau meninggalkan pisa pada tahun 1185 dan menuju Monreale, Sisilia untuk pulang kampung dan beliau meninggal di kampung halamannya tersebut.

Dan kemiringan dari menara pisa teraebut malah membuat keunikan sendiri dan menjadi daya tarik wisatawan seluruh dunia,  karena menara tersebut membuat kota tersebut mempunyai tambahan pemasukan yang cukup pesat.

Sumber: wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar