Kamis, 08 Maret 2018

Bika Ambon Bukan Dari Ambon

Gambar : Zoyarentalmedan.com
Dilihat dari namanya bika ambon memang sepintas banyak yang terkecoh kalau bika ambon itu berasal dari ambon, padahal kenyataannya bika ambon itu dari Medan. Bika ambon biasanya dibuat dari campuran gula, santan, telur dan bahan lainya. Bika ambon biasanya berwarna kuning dalamnya dan berserat. Pada awalnya bika ambon hanya didominasi dengan rasa pandan saja, namun dijaman semakin modern ini bika ambon banyak di modifikasi dengan berbagai rasa yang tentunya cocok untuk kalangan anak muda zaman sekarang ini.

Banyak versi cerita tentang bika ambon ini dan tidak ada yang memastikan kenapa bika ambon ini namnya berbeda dengan asalnya sendiri. Cerita yang pertama mengatakan bahwa bika ambon ini dibuat dan populer di jl. Ambon daerah Medan. Namun ada juga yang mengatakan bahwa dahulu ada orang ambon yang merantau ke Malaysia dan membawa kue bikakhas melayu dan kemudian malah orang tersebut tidak pulang ke kota asalnya namun malah tinggal di Medan.

Terlepas dari beberapa ceritanya, namun tetap saja negara Indonesia dan tepatnya di Medan mempunyai kuliner yang enak dan legit dan harus terus dilestarikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar