Selasa, 17 November 2020

Fakta Cacing Hewan Penyubur Tanah

 


Hewan satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi hewan ini sangat menjadi favorit bagi pemancing atau yang hobi mancing. Cacing hewan yang mirip dengan ulat dan ular ini tinggal didalam tanah, dan jika ingin menemukan hewan ini haruslah mencari dengan mengeruk beberapa centimeter dalam tanah. Namun untuk beberapa orang akan merasa jijik dengan hewan yang satu ini karena bentuknya yang panjang dan lunak.

 

Dan berikut beberapa keunikan dan fakta mengenai cacing tanah menurut idntimes.com

 


Tidak Tahan Terhadap Cahaya

Dikatakan bahwa cacing tidak tahan dengan cahaya kurang lebih satu jam, dan jika itu terjadi maka cacing akan mengalami kelumpuhan. Maka dari itu kulit cacing digunakan untuk mendeteksi cahaya dan jika ada cahaya maka cacing akan pergi menjauh untuk menyelamatkan diri.

 

Memiliki Banyak Species

Ternyata cacing tidak hanya memiliki sati species saja, karena cacing juga memiliki banyak species yang tersebar di banyak benua di dunia.

 

Memiliki Umur Yang Lama

Jangan dikira umur cacing tidak lama, karena faktanya cacing dapat hidup lebih lama yaitu umur delapan tahun jika dia berada didalam tanah dan dalam keadaan aman. Namun juka tidak maka cacing akan berumur dua tahun saja karena banyak sekali predator diluar sana.

 

Dapat Melakukan Regenerasi

Seperti pada cicak yang jika ekornya terpotong maka akan tumbuh dengan sendirinya, cacing juga akan mengalami regenarisasi tersebut untuk menyelematkan dirinya.

 

Penting Bagi Kesuburan Tanah

Tentu saja kita tahu atau sudah umum jika cacing dapat menyuburkan tanah dan akan menguntungkan bagi tumbuhan dan manusia. Dengan cara mereka membuat terowongan otomatis akan membuat air dan udara akan masuk dalam tanah dan tanaman.

 

Itulah beberapa fakta cacing tanah yang perlu kita ketahui dan ternyata tidak hanya menyuburkan tanah saja keunikan cacing tanah.

 

Sumber Gambar : id.pinterest.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar