Jumat, 27 November 2020

Kodok Dan Katak Mirip Tapi Beda

 

Katak

Kodok dan katak mungkin bagi beberapa orang ini adalah hewan yang sama saja hanya penyebutan yang berbeda, namun ternyata kedua hewan ini berbeda walaupun memang terlihat sama dan sama – sama menjijikkan bagi beberapa orang. Bentuknya yang sedikit seram dan suka melompat – lompat itu yang membuat beberapa orang menghindari hewan tersebut. Hewan ini termasuk dalam hewan amfibi yang dapat hidup di air dan darat biasanya dapat ditemukan di sungai, danau dan persawahan. Namun untuk para peneliti biasanya katak di jadikan sebagai bahan percobaan ilmiah mereka.

 

Kodok

Langsung saja ini adalah beberapa perbedaan kodok dan katak menurut laman news.detik.com

 

Bentuk Ukuran Tubuh

Tubuh katak lebih ramping dan sedikit memanjang, namun kodok lebih gempal dan pendek.

 

Kandungan Racun

Dikatakan kalau katak tidak memiliki racun namun untuk kodok ada beberapa kodok yang memiliki racun ringan yang berada di leher dan akan memancarkan racun dibagian punggungnya ketika terancam.

 

Habitat

Walaupun sama – sama amfibi kedua hewan ini memiliki habitat yang berbeda, untuk katak biasanya di sekitar danau, persawahan dan sungai. Namun untuk kodok biasanya hidup di perkebunan dan hutan bahkan juga kadang di lingkungan rumah.

 

Katak

Bentuk Kaki

Bentuk kaki dari kedua hewan ini juga berbeda, kaki pada katak ramping dan panjang dengan ujung jari yang kecil yang biasanya digunakan untuk agar dapat menempel pada batu dan pohon. Untuk kodok memiliki bentuk bendek dan gemuk dan memiliki jari yang seperti cakar. Jika mereka melompat tidak berbeda jauh walaupun katak lebih jago untuk lompat.

 

Bentuk Telur

Walaupun habitatnya berbeda namun kodok dan katak tetap bertelur di air, dan akan mengeluarkan ratusan telur. Untuk katak memiliki telur - telur yang bergerombol seperti anggur, sedangkan kodok memiliki telur – telur yang memanjang seperti rantai.

 

Itulah beberapa perbedaan dari katak dan kodok, jadi jagan salah dengan kedua hewan ini.

 

Sumber Gambar : unsplash.com

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar