Sabtu, 05 Desember 2020

Trenggiling Hewan Yang Unik

 

Trenggiling Hewan Yang Unik – Mungkin ada yang belum pernah melihat hewan trenggiling? Memang hewan ini sedikit asing untuk beberapa orang, namun jika pernah ke kebun binatang pasti mengetahui hewan ini seperti apa. Hewan mamalaia satu ini memang sangat istimewa, bagaimana tidak dari bentuk tubuhnya yang unik dengan sisik namun keras ini sayang sekali jika kita tidak mencari tahu fakta yang tersembunyi dari hewan yang satu ini.

 

Sumber Gambar : https://unsplash.com/photos/mtTpAM2uaRM

Berikut fakta dari trenggiling hewan yang unik ini menurut laman nationalgeographic.grid.id :

 

Sisik Trenggiling Yang Kuat

Sisik yang ada ditubuh trenggiling ini terbuat dari keratin yaitu protein yang sama dengan cula pada badak, cakar beruang dan gigi paus balin. Sisik ini juga kuat, jika mereka terancam dari predator mereka akan memutar tubuhnya seperti pada landak. Sehingga predator akan enggan untuk memangsa trenggiling.

 

Sumber Gambar : https://unsplash.com/photos/3RnbuQJVTcw

Ekor Yang Berguna

Beberapa species trenggiling menggunakan ekornya untuk memanjat pohon dan mereka akan menggantungkan tubuh mereka di ranting pohon yang kuat tentunya.

 

Indra Penciuman Yang Tajam

Walaupun hewan ini memiliki indra penglihatan dan pendengaranya yang kurang namun jangan meremehkan indra penciuman hewan ini, karena penciuman hewan satu ini sangat tajam sehingga dapat mencari makanan seperti semut dan rayap. Bahkan mereka dapat menghabiskan sekitar 70 juta semut dan rayap dalam satu tahun. Selain menggunakan indra penciumannya, mereka juga menggunakan cakarnya yang kuat untuk memburu sarang semut atau rayap tersebut.

 

Memiliki Lidah Panjang

Keunikan yang selanjutnya adalah pada lidahnya yang ternyata lidah trenggiling ini panjang dan sekitar 40 cm dan bisa dikatakan lebih panjang dari tubuhnya.

 

Hampir Punah

Lagi dan lagi hewan yang unik ini terancam punah, sayang sekali lagi – lagi ulang manusia serakah yang memburu hewan ini, jadi mari kita menjaga hewan yang satu ini agar tetap berkembang biak.

 

Itulah beberapa fakta unik tentang hewan yang bersisik kuat dan unik trenggiling, walau kita jarang meliahat hewan ini tapi setidaknya ketika kita melihat hewan ini jangan sampai kita memburu hewan ini hanya untuk sekedar memilikinya dan mencari keuntungan dari hewan ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar