Selasa, 10 Januari 2023

Beberapa Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali

 Beberapa Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Kembali – Kebiasaan kita adalah memanaskan makanan kembali di pagi hari ketika makanan tersebut tidak habis. Memang kalau tidak di panaskan maka makanan tersebut kurang enak atau malah menjadi basi, namun ada beberapa makanan atau masakan olahan yang tidak boleh di panaskan kembali. Hal itu karena jika di panaskan kembali ada yang malah membuat menjadikan racun dan menghilangkan nilai manfaat gizi yang ada di dalamnya.

 


Dan berikut ini adalah jenis makanan – makanan tersebut

 

Nasi

Apakah disini ada yang memanaskan nasi kembali ketika di pagi hari nasinya tidak habis? Jika ada maka hentikan hal tersebut karena nasi dapat mengandung bakteri yang bernama Bacillue Cereus dimana bakteri tersebut dapat menimbulkan keracunan.

 

Sayuran Hijau

Kita ketahui bahwa sayuran hijau sangat baik untuk tubuh kita, dengan mengkonsumsi sayuran hijau kita akan mendapatkan tubuh yang sehat. Salah satunya sayuran hijau seperti bayam dan kangkung dan lainnya. Namun sayuran seperti sayuran hijau jika dipanaskan kembali maka akan menjadi masalah besar bagi tubuh kita. Dimana yang sebelumnya sayuran hijau mengandung zat besi dan nitrat namun jika dipanaskan kembali maka akan menjadi zat yang beracun seperti nitrit dan karsinogen dimana zat tersebut adalah salah satu zat penyebab kanker.

 

Daging Ayam

Daging ayam yang awalnya mengandung banyak protein akan berubah menjadi racun dimana nitrogen yang ada pada protein daging ayam akan dapat menyebabkan pencernaan kita terganggu. Bahkan bukan pencernaan saja, namun juga bisa menyebabkan kanker, dan apabila memanaskan dengan menggunakan minyak maka akan menjadi lemak jenuh.

 

Olahan Telur

Seperti kita ketahui bahwa telur ayam juga mengandung banyak sekali protein, sama halnya dengan daging ayam telur juga mengandung protein yang tinggi. Yang jika dipanaskan malah akan menjadikan racun yang membuat pencernaan kita terganggu. Ini berlaku untuk semua olahan telur apapun dari mulai telur orak arik, rebus maupun telur goreng.

 

Kentang

Seperti pada ke empat makanan diatas, yang terakhir adalah kentang juga termasuk makanan yang tidak diperbolehkan untuk dipanaskan kembali. Dimana kentang jika dipanaskan kembali maka akan menghilangkan nilai gizinya. Bahkan jika dibiarkan dalam suhu ruang yang cukup lama akan membuat kentang tersebut menjadi racun.

 

Itulah beberapa makanan yang sebelumnya menyehatkan dan menjadi racun jika dipanaskan kembali, maka dari itu untuk tetap masak dalam porsi secukupnya agar cepat langsung habis.

 

 

Sumber : https://bobo.grid.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar