Rabu, 11 Januari 2023

Sejarah Berdirinya Aqua

 Sejarah Berdirinya Aqua – Pasti sudah tidak asing lagi bagi kita warga Indonesia dengan produk yang satu ini, sudah terkenal dimana mana. Aqua adalah produk air mineral dalam kemasan dengan berbagai macam ukuran. Saking terkenalnya sudah sejak dahulu, dan walaupun banyak produk air mineral yang bermunculan selalu akan dikatakan kalau sejenis produk air mineral adalah Aqua walaupun nantinya ternyata yang di beli merek lain. Namun sebenarnya bagaimana dan kapan berdirinya produk air mineral ini?

 


Pada tahun 1973 seorang laki – laki yang bernama Tirto Utomo mendirikan sebuah perusahaan yang bernama PT Golden Mississippi sebagai pelopor perusahaan AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) pertama di Indonesia dan pabrik pertama di dirikan di Pondok Ungu Bekasi. Dan kemudian di tahun berikutnya di tahun 1974 produk pertama yang di produksi adalah ukuran 950 ml dengan harga Rp. 75,- dimana pada saat itu kemasannya pada kemasan botol kaca. Untuk pabrik kedua didirikan di Pandan, Jawa Timur pada tahun 1984.

 

Di tahun berikutnya yaitu tahun 1985 Aqua memproduksi air mineralnya dalam kemasan lebih kecil ukuran 250 ml dengan menggunakan kemasan cup atau pet berbahan plastik. Namun bukan hanya sekedar memproduksi kemasan yang berbahan plastic kemudian lepas tangan, justru di tahun 1993 Aqua menyelenggarakan program Aqua peduli dimana kemasan botol plastik Aqua di daur ulang dan dapat digunakan kembali.

 

Pada tahun 1995 Aqua menerapkan produk in line di pabrik yang ada di Mekarsari, dimana produk in line tersebut adalah pemrosesan air dan pembuatan botol Aqua dilakukan secara bersamaan hingga air dapat langsung di isi setelah kemasan dibuat agar air mineral tetap higenis dengan minim campur tangan manusia. Dan Aqua menjadi produsen air mineral pertama yang menerapkan system tersebut.

 

Di tahun 1998 terjadi aliansi strategis antara PT Tirta Investama dengan Danone melalui Danone Asia Holding Pte.Ltd sebagai minority shareholder. Selanjutnya PT Tirta Investama, Pt Aqua Golden Mississippi dan PT Tirta Sibayakindo sepakat untuk bersinergi menjadi AQUA. Hingga akhirnya di tahun 2000 Aqua Group mencantumkan logo Danone ke semua kemasan produknya. Hingga di tahun 2001 Danone meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dan akhirnya menjadi pemegang saham mayoritas di Group Aqua. Dan di tahun yang sama Aqua meluncurkan produk ukuran 350 ml dalam bentuk kemasan botol kaca. Pabrik ke tigabelas di dirikan di Klaten , Jawa Tengah pada tahun 2003 dan di tahun yang sama Aqua menerapkan SAP (System Aplication and Products for Data Processing dan HRIS (Human Resources Information System).

 

Dan juga di tahun 2004 Aqua meluncurkan logo baru yang tentunya lebih bagus dan menarik. Di tahun berikutnya Aqua memproduksi produk yang bernama MIZONE dimana produk ini sedikit berbeda, MIZONE adalah minuman isotonic yang memiliki rasa dimana memproduksi dua raya yaitu orange lime dan passion fruit.

 

Banyak penghargaan yang di dapatkan antara lain :

2004 Aqua mendapatkan penghargaan Superbrands dan Indonesia Best Brand Award.

2006 memenangkan Best Bran dan Indonesia Golden Brand.

2009 Milinium Development Goals (MDGs) untuk kategori Goals dan mendapatkan penghargaan Wanna Lestari dari menteri kehutanan.

2010 Packindo Star Award, Asia Star Award dan Indonesia Good Design serta Indonesian Green Awards oleh majalah Bussines & CSR.

Dan masih banyak lagi penghargaan – penghargaan lainya yang di dapatkan oleh Aqua.

 

Selain itu Aqua juga memiliki banyak sekali program salah satunya satu untuk 10 dimana program tersebut membantu masyarakat yang kesulitan akan sumber air bersih seperti yang terjadi di NTT.

 

 

Sumber : https://aqua.co.id/

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar