Selasa, 17 Januari 2023

Peran Tembok Besar China

 

Peran Tembok Besar China – Seperti kita ketahui bahwa tembok terpanjang dan terbesar adalah Tembok yang ada di China. Dimana tembok tersebut di bangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang dari Dinasti Qin pada abad ke 3 SM. Tembok besar China ini memilki panjang mencapai lebih dari 13.000 mil atau 21 kilometer.

 


Namun apakah kita sering bertanya sebenarnya buat apa membangun tembok sepanjang dan sebesar itu? Tentu tembok besar China tersebut di bangun bukan tanpa alas an, dan berikut peran tembok besar China bermula.

 

Pada Masa Lalu

Tembok Besar China pertama di bangun pada tahun 221 hingga 206 SM pada masa pemerintahan Dinasti Qin, dan kemudian dilanjutkan oleh dinasti China lainnya. Pada masa dinasti Qin fungsi dari tembok besar China adalah untuk menahan serangan dari Negara barbar. Namun ternyata ada pendapat lain mengenai peran tembok besar China, yaitu pada masa lalu untuk bidang – bidang non militer hingga di bagian utara tembok untuk tempat pemantauan. Di bagian utara tembok juga sebagai blokade pergerakan orang dan ternak untuk di ambil pajaknya.

 

Pada Masa Sekarang

Seiring berjalannya waktu, peran atau fungsi dari tembok besar China untuk masa sekarang menjadi destinasi wisata terkenal. Bahkan Tembok Besar China ini termasuk dalam warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 1987. Dan diakui sebagai salah satu prestasi arsitektur paling menakjubkan dalam sejarah manusia. Hal itu juga membuat banyaknya wisatawan dari luar negeri.

 

Sumber : https://www.kompas.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar