Jumat, 20 Januari 2023

Belajar Tentang Benua Australia

Belajar Tentang Benua Australia – Benua Australia menjadi sebuah negara dan juga sebuah benua yang memiliki negara bagian. Dimana hal ini berbeda dengan benua lainnya yang memiliki beberapa Negara menjadikan Benua Australia ini merupakan benua terkecil di dunia. Benua Australia memilki luas 8.945.000 kilometer persegi.

 


Suku Aborigin pada sekitar 40.000 tahun yang lalu menjadi suku pertama yang menghuni Benua Australia. Penjelajah Belanda menemukan Benua Australia ini pada tahun 1606 namun kemudian jatuh di tangan Kerajaan Inggris dan kemudian dijadikannya sebagai tempat pembuangan pelaku kriminal. Hingga pada akhirnya, benua ini juga menjadi salah satu persemakmuran Britania Raya.

 

Benua Australia memiliki pegunungan dengan rata-rata 30 meter di atas permukaan laut. Dan ternyata Benua Australia ini merupakan benua paling kering di dunia dimana hampir 20 persen sebagai gurun.  Benua Australia juga memiliki banyak iklim dari berbagai sisi benua. Bagian utara benua ini memiliki iklim tropis, pada barat daya dan sepanjang pantai selatan memiliki iklim sub tropis. Untuk bagian pantai timur memiliki curah hujan yang cukup tinggi namun berbeda dengan bagian barat yang cenderung kering.

 

Tentu sudah bukan rahasia lagi kalau hewan Koala dan Kanguru merupakan fauna khas Benua Australia yang banyak di temui di benua ini. Australia juga menjadi negara sekaligus benua dengan kualitas penduduk dan sumber daya manusia yang cukup tinggi. Dengan adanya penduduk yang memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik dan kesejahteraan yang seimbang maka bisa dikatakan angka harapan hidup di Australia menunjukkan kategori tinggi yaitu 82  tahun. Australia juga menjadi salah satu Negara yang makmur dan sejahtera dimana hingga menjadi Negara ekonomi terbesar ke-13 di dunia. Selain itu ternyata Australia memiliki peringkat tinggi dalam banyak perbandingan kinerja antarbangsa seperti pada bidang pembangunan, mutu kehidupan, perawatan kesehatan, harapan hidup, pendidikan umum, kebebasan ekonomi, perlindungan kebebasan sipil, dan hak-hak politik.

 

Luas total wilayah Benua Australia yaitu sekitar 7,7 juta kilometer persegi berada di atas lempeng Indo-Australia, yang terbentang dari Teluk Carpentaria hingga Pulau Tasmania. Australia terdiri dari daratan Australia, Guinea Baru, Tasmania, dan beberapa pulau terdekat. Secara astronomis, Benua Australia terletak antara 9°LS-44°LS dan 112°BT - 154°BT.

 

Benua Australia memiliki batas wilayah secara geografis sebagai berikut: Utara: Indonesia, Timor Leste, Papua Niugini Timur: Samudera Pasifik, Selandia Baru, Barat: Samudera Hindia, Selatan: Samudera Hindia. Benua Australia terdiri dari enam negara bagian dan dua teritorial yang merupakan bagian dari negara persemakmuran. Dan berikut merupakan negara bagian Australia antara lain Australia Selatan, New South, Queensland, Victoria, Australia Utara, Australia Barat, Tasmania, dan Australian Capital Territory.

 

 

Sumber :  https://www.kompas.com/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar