Kamis, 12 Januari 2023

Fakta Burung Kakak Tua

 

Fakta Burung Kakak Tua – Untuk burung yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi, karena memang burung kakak tua banyak yang memiliki dan memeliharanya sebagai burung peliharaan.

 


Burung kakak tua memiliki 21 species dimana kebanyakan species berwarna putih dan asli Oseania, dan burung kakak tua ini endemic Australasia, termasuk Australia, Selandia Baru Papua Nugini dan juga di Indonesia tepatnya di Kepulauan Solomon. Harga untuk burung yang lumayan mahal, satuannya antara 2juta hingga 3juta. Namun hewan ini termasuk hewan yang di lindungi, jadi jika memelihara tanpa izin atau ilegal maka akan mendapatkan hukuman.

 

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai burung kakak tua :

 

Dapat Menjadi Teman Bagi Manusia

Saat kita melihat burung kakak tua dengan pemiliknya pasti terlihat mereka sangat akrab sekali, karena jika burung ini di perlakukan dengan baik seperti di beri makan dan di belai atau sekedar di ajak bermain maka akan timbul ikatan dengan pemiliknya yang sangat kuat dan bertahan sampai seumur hidup.

 

Suka Berkicau Dan Keras

Burung kakak tua memiliki suara kicauan yang sangat keras dan bahkan suaranya dapat di dengar sampai 2km atau bahkan bisa lebih. Kicauannya biasanya di dengar di pagi hari dan menjelang terbenamnya matahari, hal itu secara alami memanggil kawannya yang berada di alam liar.

 

Perbedaan Jenis Kelamin Yang Sulit

Untuk membedakan jenis kelamin kakak tua yang jantan dan betina cukup sulit untuk di bedakan. Bahkan ada beberapa spesies kakak tua yang perbedaan jenis kelaminnya sangat tipis sekali.

 

Sering Terjadi Kelebihan Berat Badan

Bukan hanya untuk manusia saja, hewan sejenis burung kakak tua yang di pelihara rawan sekali mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Pemilik burung ini biasanya memberikan biji bijian, namun bisa juga hal tersebut di ganti dengan buah dan sayuran.

 

Bisa Berubah Menjadi Nakal

Walaupun burung kakak tua ini dikenal dengan burung yang setia dan penyayang, namun sewaktu waktu burung ini bisa menjadi nakal, dimana dia bisa menghancurkan kandangnya. Maka dari itu kita sebagai pemilik harus lebih perhatian dengan burung ini, tapi perhatian yang cukup bukan berarti memanjakan burung kakak tua ini.

 

Keunikan Pada Jambul

Burung kakak tua memiliki jambul yang sangat unik, jambul tersebut bukan sembarang jambul namun jambul yang ada pada burung tersebut dapat mengartikan sebuah perasaan yang berbeda.

 

Itulah beberapa fakta keunikan dari burung kakak tua yang perlu kita ketahui apabila kita ingin memeliharanya dan tentunya harus memiliki izin.

 

 

Sumber : https://kehutanan.sariagri.id/

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar